Mengenal Brain Fog, Gejala Penderita Covid-19

Umumnya, gejala Covid-19 adalah batuk, demam, sesak nafas, dan anosmia. Selain itu terdapat gejala lainnya yang disebut brain fog dan ini dapat berlangsung selama berbulan-bulan bahkan hingga sudah sembuh sekalipun. Brain fog bukanlah penyakit, tetapi istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan yang melambat secara mental.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami brain fog biasanya adalah merasa lesu. Beberapa gejala lainnya seperti sulit memahami percakapan, ingatan yang bermasalah, sakit kepala, kebingungan, hingga kurangnya kejernihan mental. 

Kaitannya brain fog dengan Covid-19 diperkirakan karena adanya virus varian baru yang menyebar melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Lalu, droplet yang berasal dari orang terinfeksi tersebut dapat masuk ke tubuh melalui mulut, mata, dan hidung.

Setelah terpapar, virus baru ini memiliki sifat neuro-invaif yang artinya dapat masuk dalam jaringan otak. Sebuah penelitian menemukan jika beberapa penderita Covid-19 mengalami komplikasi seperti perubahan kesadaran.

Akibat adanya peradangan di otak dari paparan virus membuat kemampuan neuron dalam berkomunikasi mengalami hambatan. Hal ini yang diduga sebagai salah satu faktor dalam munculnya brain fog sebagai gejala penderita Covid-19.

Bagaimana cara mengatasi gejala brain fog?

Sarapan Sebelum atau Sesudah Olahraga, Kenali Perbedaan Manfaatnya - Hot  Liputan6.com

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkan gejala brain fog bagi penderita Covid-19. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah menerapkan gaya hidup sehat. 

Misalnya dengan tidur yang cukup untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Olahraga secara teratur juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Serta makan makanan yang bergizi seimbang agar nutrisi tubuh Anda terpenuh. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.