Mengenal Mukbang, Trend Siaran Makan Asal Korea yang Mendunia

Bagi Anda penggemar Korean Wave pasti sudah tak asing lagi dengan kata mukbang. Siaran makan dengan porsi yang terbilang tak masuk akal ini tengah digemari di berbagai belahan dunia. Hingga kini, banyak penyiarnya yang tak berasal dari Korea Selatan, tetapi juga Indonesia hingga Amerika.

Berasal dari kata “Meok-ja” yang berarti “mari makan” dan “bang-song” yang berarti siaran, mukbang kerap kali diartikan sebagai siaran makan. Penyiar mukbang biasanya melakukan siaran dalam porsi yang terbilang ekstrim. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik dari acara ini.

Keunikan lain dari mukbang adalah, penyiarnya yang kerap melakukan kegiatan Autonomous Sensory Meridian Response atau ASMR. Kegiatan ini berupa bisikan dan suara kunyahan dari penyiarnya. Tentunya hal ini menimbulkan banyak respon yang berbeda, ada penonton yang menyukainya namun tak sedikit yang merasa terganggu.

Mukbang pertama kali diperkenalkan kepada khalayak sekitar tahun 2009 lalu melalui siaran lokal yang dilakukan oleh AfreecaTv. Tren mukbang mulai mendunia pada tahun 2014 karena banyak penyiar yang mulai merambah laman youtube untuk menyiarkan kegiatan mukbang. Sejak saat itu, mulai banyak orang di seluruh dunia yang melihat adanya peluang uang dari mukbang.

Sebuah fakta menarik lainnya mengapa mukbang digemari adalah karena terdapat kecenderungan psikologis dan kebiasaan dari masyarakat Korea Selatan. Pada mulanya, banyak masyarakat Korea Selatan yang tak terbiasa makan sendiri. Setelah ada mukbang, biasanya mereka makan sembari ditemani siaran mukbang agar merasa ada teman dan tak kesepian.

Selain itu, mukbang pula digandrungi oleh orang-orang yang tengah melakukan diet. Bukan tanpa sebab, melainkan mereka merasa jam makannya telah terwakili sehingga merasa kenyang hanya dengan menonton orang makan dengan sangat nikmat. Unik bukan?
Tertarik untuk melakukan mukbang? Setelah makan dengan porsi yang terbilang besar, Anda sangat dianjurkan untuk berolahraga dan menjaga pola makan. Karena terdapat bahaya mengancam dari makanan yang terlalu besar porsinya terutama junk food, seperti kolesterol tinggi bahkan diabetes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.