Sederet Manfaat Tertawa bagi Tubuh

Ungkapan tertawa merupakan obat paling mujarab ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Hal ini tentu saja telah dibuktikan secara ilmiah. Banyak penelitian dan jurnal yang mengamini hal ini, bahkan terdapat terapi tertawa yang diyakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

Rasanya seperti sepele memang, mengingat kita dapat tertawa beberapa kali dalam seharinya. Tak jarang orang dapat menangis karena terlalu asyik menertawakan suatu hal. Beberapa penelitian pun mengklaim bahwa tertawa dapat membuat stress berkurang. Penasaran dengan manfaat lain tertawa bagi tubuh Anda? Cek selengkapnya di bawah ini.

Membuat Banyak Organ Tubuh Bekerja

Saat Anda tertawa, banyak oksigen yang akan masuk ke dalam tubuh. Secara tak langsung, hal ini membuat paru-paru dan jantung bekerja lebih optimal dibandingkan ketika Anda hanya diam saja. Peredaran darah pun semakin lancar dan membuat jantung akan lebih sehat dalam jangka panjang.

Membakar Kalori

Fakta satu ini sangatlah menyenangkan terutama bagi Anda yang sedang melakukan diet. Banyak studi yang mengatakan bahwa tertawa dalam kurun waktu 10 hingga 15 menit dapat membakar setidaknya 40 kalori. Hal ini setara dengan berbelanja selama 15 menit. Selain itu, setara pula dengan tiga buah keripik kentang. Menarik bukan?

Melepaskan Stress

Bukan sebuah rahasia umum bahwa tertawa dapat membantu Anda melepaskan stress. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda School of Medicine California menyatakan bahwa tertawa dapat menekan hormon stres, adrenalin, juga kortisol yang membuat tubuh menjadi jauh lebih rileks. 

Tak hanya itu, saat Anda tertawa maka otak akan refleks menghasilkan hormon endorfin dan dopamin ke seluruh tubuh. Kedua hormon ini berperan untuk memicu perasaan positif dan membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh Anda.

Memperkuat Imun Tubuh

Cegah Virus Corona dengan Memperkuat Sistem Imun Tubuh - Alodokter

Fakta ini merupakan manfaat lanjutan dari tertawa. Setelah tubuh merasa rileks dan menghasilkan perasaan positif, secara tidak langsung tubuh akan memperkuat imunitas pada diri Anda. Jelas berguna untuk melawan berbagai penyakit yang ada. Karena jauh dari stress pula, sistem antibodi dalam tubuh akan semakin kuat.

Banyak bukan manfaat yang dapat diambil dari tertawa bagi tubuh kita? Mulai saat ini, perbanyak tertawa dan mulai hilangkan stress atau pikiran yang membuat Anda merasa terganggu. Karena, kesehatan Anda nomor satu.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.