Dad Jokes: Garing tapi Candu

Belakangan ini kancah media sosial tengah dibuat kesal karena dad jokes yang dilontarkan oleh Teuku Wisnu di media sosialnya. Caption pada postingan fotonya terkadang membuat orang emosi karena leluconnya yang terkesan garing layaknya jokes bapak-bapak.

“Guys mau tanya, kalau nasi panas itu perlu di tes antigen atau PCR ga sih???” Tanyanya pada sebuah foto yang diunggah pada tanggal 28 Juni 2021 kemarin. Hal ini tentunya mendatangkan reaksi yang berbeda dari netizen di kolom komentar. Inilah yang disebut dengan dad jokes atau candaan bapak-bapak.

Melansir dari urbandictionary, dad jokes merupakan lelucon murahan atau receh yang dilontarkan seorang ayah kepada anaknya. Daya tarik dari lelucon ini adalah membuat tertawa dan emosi di saat yang bersamaan. Terkadang lebih banyak emosinya daripada lucunya.

Gurauan bapak-bapak ini merupakan salah satu jenis komedi yang minim risiko tak seperti dark jokes yang terkadang memiliki kesan satir bahkan tak sopan. Karenanya lelucon para ayah ini terkadang tak terasa lucu karena terlalu ‘main aman’. Lingkupnya pun hanya beredar di sekitar keluarga dan orang terdekat saja. Tapi berkat internet, dad jokes semakin meluas.

Istilah dad jokes sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1987 oleh Jim Kalbaugh dalam sebuah kolom di harian Gettysburg Times. Dalam kolom itu, ia tak hanya menjelaskan apa itu guyonan ayah beserta dengan contohnya, tapi ia pula mengajak pembaca untuk melontarkan dad jokes dalam rangka memperingati Hari Ayah setiap tahunnya. 

Jadi, apakah Anda merupakan salah satu penggemar dad jokes bahkan tertawa terbahak karenanya? Jika iya, mungkin Anda harus mulai memperbaiki selera humor Anda.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.