Kartu Vaksin Jadi Syarat Perjalanan Jarak Jauh Selama PPKM Darurat

Kasus covid-19 di Indonesia belum menemukan titik akhir, karenanya pemerintah ‘menarik rem’ dengan mengeluarkan kebijakan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (1/7/2021).

“PPKM darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku.” Jelas Jokowi di youtube resmi Sekretariat Presiden.

PPKM Darurat yang dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 ini memiliki setidaknya 15 poin kebijakan yang akan mengatur masyarakat. Salah satunya adalah mengatur mengenai perjalanan domestik jarak jauh yang dilakukan oleh masyarakat dengan menunjukkan kartu vaksin.

Bagi Anda yang akan melaksanakan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi jarak jauh seperti pesawat maka Anda harus menunjukkan kartu vaksin (minimal 1 kali dosis) dan PCR H-2. Untuk mode transportasi lainnya Anda dapat melampirkan kartu vaksin dan hasil Antigen H-1.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kartu vaksin ini? Tentunya Anda harus melakukan vaksin terlebih dahulu, baru Anda bisa mengunduh kartu vaksin menggunakan dua cara. Yakni melalui layanan SMS ke 1199 atau melalui laman Peduli Lindungi.

SMS 1199

Setelah melakukan vaksinasi, Anda akan mendapatkan dua pesan dari nomor 1199. Pesan pertama merupakan tautan untuk mengunduh sertifikat atau kartu vaksinasi Anda. Lalu pesan kedua merupakan data diri, jadwal, dan lokasi vaksin dosis kedua.

Apabila Anda mendapatkan sms ini, Anda tinggal klik tautan yang ada pada pesan pertama. Tautan tersebut akan langsung mengarah pada kartu vaksin dengan format .png yang bisa langsung Anda unduh. 

Laman Peduli Lindungi

Anda pun dapat mengakses kartu vaksin Anda melalui Laman Peduli Lindungi. Langkah pertama adalah buka situs resminya di pedulilindungi.id lalu klik “LOGIN” apabila telah memiliki akun. Jika belum, Anda dapat klik “REGISTER” dan ikuti prosedur yang ada.

Setelah berhasil masuk, klik nama Anda yang berada di pojok kanan situs dan klik “Sertifikat Vaksin”. Lalu akan otomatis muncul sertifikat atau kartu vaksin milik Anda yang siap diunduh. Selanjutnya klik “Unduh Sertifikat” dan selesai.

Setelah diunduh, sertifikat vaksin ini pun dapat Anda cetak. Bentuknya seperti KTP sehingga dapat Anda simpan di dalam dompet jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan lupa lakukan vaksin untuk melindungi diri dan keluarga dari virus Covid-19, ya!

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.