Kenapa Orang Mudah Marah Saat Lapar? Ketahui Penyebabnya!

Apakah Anda pernah marah hingga membentak seseorang saat lapar? Kondisi ini disebut sebagai ‘hangry’ yang berasal dari 2 kata yaitu ‘hungry’ dan ‘angry’. Seseorang akan lebih mudah untuk tersinggung, bad mood, hingga mudah untuk emosi saat mengalami hangry. Lalu mengapa ini bisa terjadi? Simak informasinya berikut ini!

Penyebab Hangry

Hangry, Penyebab Marah-marah Saat Kelaparan

Ternyata, rasa lapar dapat mengubah seseorang menjadi lebih emosional, bahkan bagi orang yang biasanya sabar sekalipun. Rasa lapar ini kemudian timbul sebagai stress, dan rasa cemas. Maka sudah biasa jika orang yang lapar akan jauh lebih mudah marah. Ini disebabkan kurangnya glukosa yang mengalir dalam tubuh.

Makanan yang menjadi sumber energi bagi manusia akan masuk ke dalam tubuh kemudian akan diubah menjadi glukosa yang akan mengalir ke darah beserta nutrisi lainnya. Nah inilah, yang dapat menyuplai energi bagi jaringan dalam tubuh. Singkatnya, glukosa menjadi makanan yang utama bagi otak. 

Hangry menjadi sinyal alami dari tubuh untuk memberi tahu bahwa tubuh sedang butuh makan, karena kadar glukosa dan nutrisi perlahan sedang menurun. Saat kadar gula darah turun, seseorang akan semakin mudah marah dan lebih agresif dari biasanya. Lalu berimbas juda kepada otak yang menjadi ikut ‘lapar’ dan lebih lambat dalam mengontrol emosi.

Cara Mengatasi Hangry

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Camilan untuk Traveling |  BukaReview

Usahakan untuk makan sebelum terlalu merasa lapar, dapat juga selalu membawa camilan sehat atau makanan ringan yang dapat dimakan di tengah-tengah kesibukan. Misalnya seperti kacang-kacangan, buah potong, cookies, atau cokelat. 

Hindari untuk makan junk food karena dapat memproduksi glukosa dalam jumlah besar. Sehingga makan yang diproses dengan cepat akan membuat Anda lebih mudah lapar lagi. Pilihlah makanan yang sehat dengan carbo complex, selain dapat mengenyangkan dapat juga bertahan lebih lama. 

Jika kondisinya Anda sedang beraktivitas atau bekerja, istirahat sejenak saat mengalami hangry. Jangan memaksakan diri untuk bekerja saat lapar karena akan membuat stress dan emosional. Ketimbang emosi semakin memuncak dan marah kepada orang-orang sekitar, dapat dialihkan untuk beristirahat dan makan sehingga hangry dapat diatasi. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.