Mengenal Rasa Geli Karena Digelitik

Setiap orang pasti pernah merasakan geli di beberapa bagian tubuh tertentu. Biasanya terjadi di leher, pinggang, ketiak, paha, atau bahkan telapak kaki. Respon ini merupakan sebuah hal yang normal dikeluarkan oleh tubuh ketika menerima sentuhan tertentu.

David J. Linden, seorang ahli saraf dan Profesor di John Hopkins University School of Medicine, Maryland menjelaskan bahwa rasa geli merupakan sebuah refleks yang dikeluarkan tubuh dalam rangka pertahanan diri dari serangan.

Lebih jauh menurut G. Stanley Hall juga Arthur Alin yang merupakan psikolog, mereka membagi rasa geli ke dalam dua jenis yakni knismesis dan gargalesis. Lalu, apa beda dari kedua tipe tersebut?

Knismesis merupakan sensasi karena sentuhan halus pada permukaan kulit yang terkadang mengandung rasa gatal bukannya tawa. Contohnya adalah ketika ada serangga seperti semut yang bergerak di permukaan kulit Anda.

Sedangkan gargalesis merupakan sensasi yang dirasakan oleh tubuh karena sentuhan berat dan berulang pada bagian tubuh tertentu, biasanya mengundang gelak tawa sebagai respon lanjutan. Hal inilah yang mendasari mengapa Anda dapat tertawa setelah digelitik beberapa saat.

Lalu, mengapa Anda bisa tertawa saat digelitik orang lain tetapi tidak ketika Anda mencoba menggelitik diri Anda sendiri? Tentunya hal ini memiliki penjelasan dari kaca mata ilmiahnya juga, lho! Hal ini berkaitan erat dengan pemantauan gerakan yang dilakukan oleh cerebellum atau otak kecil.

Penelitian yang dilakukan oleh University College London menyatakan bahwa cara kerja cerebellum adalah dapat memprediksi sensasi atas sentuhan yang diberikan oleh diri sendiri pada tubuh. Namun hal ini tak terjadi ketika orang lain memberikan sentuhan tersebut padahal di titik yang sama.

Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan sebuah sentuhan yang cenderung dilakukan untuk menggelitik diri sendiri, cerebellum memblokir seluruh respon bagi seluruh tubuh yang dikeluarkan oleh otak bagian lainnya. Sehingga tubuh tak akan merasa geli ketika diri sendiri yang menggelitikinya.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.