Teh Kombucha, Teh Hasil Fermentasi yang Kaya Manfaat

Teh kombucha disebut juga sebagai teh jamur karena proses pembuatannya dibiarkan ‘menjamur’ atau melewati proses fermentasi. Kombucha dibuat dengan campuran teh, bula, bakteri, dan ragi yang kemudian difermentasi selama 8 hingga 12 hari. Teh ini dikenal juga sebagai teh keabadian di Tiongkok karena khasiat obatnya yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun.

Karena hasil dari fermentasi, teh kombucha memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan juga bersoda. Terkadang, teh kombucha dijadikan pengganti soda. Bukan sekadar teh, kombucha mengandung berbagai zat seperti folat, asam asetat, asam amino, vitamin C, vitamin B, serta alkohol. 

Beberapa riset telah menyatakan jika teh kombucha bermanfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi teh kombucha!

Mengurangi Resiko Diabetes

13 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Halaman all - Kompas.com

Secara signifikan teh kombucha dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Efek inilah yang dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu adanya jamur teh yang memakan gula dan menggantinya dengan zat lainnya seperti asam laktat, vitamin, asam amino, dan asam glukonat.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Bersiap Sambut New Normal dengan Menjaga Imunitas Tubuh

Adanya kandungan antioksidan dan probiotik pada teh kombucha dapat memerangi bakteri jahat penyebab infeksi serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Teh kombucha juga dapat membantu proses pembuangan zat beracun di organ hati sehingga kesehatan hati lebih terjaga. Adanya kandungan bakteri probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Detoksifikasi

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Kekinian yang Bikin Sehat

Saat ada penumpukan racun di tubuh perlu melakukan detoks untuk mengeluarkannya. Mengonsumsi teh kombucha dapat membantu proses detoksifikasi, membersihkan tubuh dari logam berat, dan kotoran dari ginjal.

Meski teh kombucha memiliki banyak manfaat, tetapi Anda tidak bisa mengkonsumsinya dengan sembaran. Karena banyaknya kandungan bakteri baik, teh kombucha mengandung sedikit alkohol. Sehingga tidak disarankan untuk diminum oleh wanita hamil, menyusui, dan anak-anak. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.