Tokofobia: Kondisi Wanita Takut Hamil dan Melahirkan

Merasa cemas saat hamil dan akan menjalani proses kelahiran adalah hal yang wajar, terlebih bagi yang mengalami untuk pertama kali. Namun, mengalami cemas yang berlebih hingga ekstrem disebut tokofobia. Kondisi ini membuat wanita merasa takut berlebih untuk melahirkan, bahkan ada yang hingga enggan untuk hamil.

Mengalami tokofobia pada tingkat ekstrim dapat menyebabkan menggugurkan kandungan, penggunaan alat kontrasepsi secara berlebih untuk mencegah kehamilan, tidak mau menjalani pemeriksaan kehamilan, hingga memiliki gangguan secara mental. Riset menunjukan jika 14% wanita di dunia mengalami tokofobia. 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketakutan berlebih jelang persalinan!

Konsultasikan dengan Ahli

Tokofobia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Jika mengalami tokofobia, penting untuk berkonsultasi dengan ahli. Anda dapat menceritakan ketakutan dan kegelisahan yang sedang dirasakan. Dapat juga pertama mengenai hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi persalinan dan hal apa saja yang tidak perlu untuk ditakuti secara berlebih.

Hindari Mendengar Cerita Kegagalan

Tokofobia, Ketika Wanita Takut Hamil dan Melahirkan | YesDok

Memang, mendengar cerita kegagalan orang lain dapat dijadikan pembelajaran. Namun lain halnya mendengar cerita kelahiran yang gagal, ini dapat membuat Anda ikut membayangkan hingga merasa mulas dan keringat dingin. Lebih baik hindari hal ini dan banyak-banyak mendengar hal positif yang membuat Anda turut memiliki pemikiran yang positif juga.

Selalu Libatkan Pasangan

Tokofobia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ini adalah hal terpenting, selalu libatkan pasangan Anda selama kehamilan hingga proses melahirkan. Adanya dorongan dukungan dari pasangan akan turun menguatkan Anda, sehingga ketakutan-ketakutan sebelumnya akan berkurang. Itu juga dapat membuat Anda lebih tenang karena Anda tidak sendiri menghadapi proses kehamilan ini. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.