Mitos-mitos Soal Menstruarsi, Mana yang Fakta?

Ada banyak mitos-mitos mengenai menstruasi di masyarakat, ini membuat para wanita kebingungan akan kebenarannya. Namun tak jarang pula yang mempercayai mitos-mitos yang ada. Agar tidak bingung dan salah lagi, berikut pembahasan mengenai beberapa mitos soal menstruasi!

Tidak Boleh Keramas

Rambut Kering atau Berminyak, Seberapa Sering Harus Keramas? - Cantik  Tempo.co

Ini salah satu larangan yang paling sering terdengar, karena mitosnya pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar saat keramas sehingga kepala akan menjadi pusing. Padahal, ini hanyalah mitos karena pori-pori tidak ada hubungannya dengan proses menstruasi yang terjadi pada organ reproduksi. Justru, menjaga kesehatan itu penting!

Minum Soda dapat Memperlancar Menstruasi

Mitosnya, jika siklus menstruasi yang tidak lancar dapat meminum minuman soda agar lebih lancar. Namun ternyata ini hanyalah mitos, sebuah penelitian menyatakan jika tidak ada hubungannya minuman bersoda dengan kelancaran menstruasi. Penyebab tidak lancarnya siklus adalah karena hormon, perubahan berat badan, atau karena stress.

Tidak Boleh Minum Air Dingin

Ketahui Manfaat Air Es untuk Menurunkan Berat Badan - Alodokter

Ada anggapan jika minum air dingin saat menstruasi dapat membuat darah haid beku dan alirannya menjadi lambat. Padahal, air dingin yang dikonsumsi akan melewati saluran pencernaan terlebih dahulu dan akan menjadi hangat saat memasuki lambung. Jadi hal ini adalah mitos, tidak ada hubungannya dengan darah yang membeku. 

Tidak Boleh Minum Obat Pereda Nyeri

Obat Aman Untuk Mengatasi Nyeri Haid Hebat | HonestDocs

Saat menstruasi wanita tidak disarankan untuk minum obat, padahal ini diperbolehkan untuk meminum obat tertentu seperti pereda rasa nyeri jika dirasa sakitnya dapat mengganggu aktivitas. Selain obat, Anda juga dapat meminum suplemen penambah darah jika lemas kekurangan darah. Namun, perlu diperhatikan juga obat yang dikonsumsi dengan kebutuhan tubuh. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.