Mulai Sekarang, Jangan Pencet Jerawat Karena Bahaya Ini Akan Mengincar Anda!

Jerawat sebetulnya merupakan hal yang lumrah terjadi bagi siapa saja, terutama bagi remaja karena tengah terjadi berbagai perubahan pada hormon. Jerawat pula kerap kali datang menyapa saat Anda sedang stress, dan bagi wanita jerawat telah menjadi teman dekat saat datang bulan. 

Meskipun jerawat sering datang, tetap saja kita selalu kesal dengan kedatangannya. Bentuknya yang membuat tampilan wajah menjadi tak optimal ditambah rasa sakit yang menyertainya membuat siapapun gemas dengan si jerawat. Tak jarang rasa ingin memecahkannya pun meningkat. 

Eits, demi kesehatan Anda jangan pernah pencet jerawat yang tengah meradang karena akan menimbulkan berbagai permasalahan baru bagi wajah Anda. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Menimbulkan Bekas yang Susah Hilang

Jerawat sejatinya berasal dari minyak berlebih bercampur dengan sel kulit mati. Minyak dan kulit mati tersebut bertemu dengan bakteri P. Acnes dan menyebabkan peradangan dan menimbulkan rasa nyeri. 

Jadi, ketika Anda memencet jerawat maka Anda memaksa kotoran yang ada di bawah untuk keluar dan merobek kulit Anda. Karenanya, akan timbul infeksi di sekitar wajah dan bekas kehitaman yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Kotoran Menyebar ke Bagian Wajah Lainnya

Ketika Anda memecahkan jerawat terutama yang masih meradang menggunakan tangan, kotoran yang terkandung begitu banyak di dalamnya akan menyebar melalui tangan Anda. Hal ini dapat terjadi ketika setelah anda pencet jerawat tersebut, lalu Anda menyentuh bagian lain pada wajah Anda.

Infeksi Pembuluh Darah dan Gangguan pada Otak

Bahaya paling parah dari memecahkan jerawat adalah infeksi pembuluh darah. Hal ini dapat terjadi ketika Anda memencet jerawat yang ada pada bagian T-zone wajah. Pada bagian ini terdapat pembuluh darah yang langsung terhubung pada otak.

Ketika jerawat pecah dan kotorannya menginfeksi kulit wajah area T-zone, maka pembuluh darah dapat terinfeksi. Tak hanya itu, terdapat pula kemungkinan gangguan pada otak dan saraf kranial yang berfungsi mengendalikan wajah Anda.

Mengerikan bukan? Jadi, mulai sekarang jangan pencet jerawat yang ada pada wajah Anda. Tunggulah hingga mengering sembari mengoleskan salep khusus jerawat. Bila perlu, hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Kategori:Beauty, Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.