Sering Skip Sarapan? Ini Dampaknya Jika Tidak Sarapan

Apakah Anda sering melewatkan sarapan? Bagi beberapa orang yang tidak terbiasa sarapan akan merasa mulas setelah sarapan, atau untuk yang tidak memiliki waktu akhirnya memilih merangkap waktu makannya dengan makan siang. Tapi ternyata, melewatkan sarapan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Sarapan di pagi hari adalah waktu makan paling penting dalam sehari, karena makanan pertama yang dikonsumsi akan menjadi makanan yang pertama kali diserap oleh tubuh. Rutin sarapan akan memberikan berbagai manfaat kesehatan, namun jika melewatkannya akan memberikan dampak seperti berikut ini!

Kenaikan Berat Badan

Perlu Diwaspadai, 5 Hal Menakutkan Jika Berat Badan Menurun Drastis -  Tribunnews.com Mobile

Tidak makan pagi dengan anggapan dapat menurunkan berat badan adalah salah. Justru tidak sarapan malah memicu kenaikan berat badan. Ini terjadi ketika langsung loncat ke makan siang, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak dan manis akan semakin meningkat. Semakin tinggi rasa lapar, akhirnya akan makan lebih banyak dan membuat berat badan meningkat. 

Meningkatkan Resiko Diabetes

Penyakit Diabetes: Penyebab, Gejala, dan Faktor Risiko | Lifepack.id

Saat kondisi perut yang kosong, lalu tiba-tiba makan dengan banyak tubuh akan mengalami resistensi insulin. Karena sel-sel tubuh tidak menggunakan gula darah dengan baik, akan berpengaruh kepada respon tubuh terhadap insulin dan inilah yang dapat meningkatkan resiko diabetes. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menyatakan jika wanita yang tidak sarapan teratur, resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat 20%. Bahkan  bagi wanita yang aktif bekerja beresiko lebih tinggi yaitu sebesar 54%.

Metabolisme Tubuh Terganggu

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadai

Sarapan menjadi sumber energi utama yang pertama kali diserap tubuh setelah beristirahat. Orang yang selalu melakukan sarapan, memiliki tingkat metabolisme tubuh yang tinggi. Sedangkan bagi mereka yang melewatkan sarapan, cenderung bermasalah

Membuat Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi seperti protein. Saat asupan protein rendah akan berpengaruh kepada kadar protein, mencegah pertumbuhan rambut, hingga memicu kerontokan. Ketika Anda melewatkan sarapan yang seharusnya dapat mengandung protein, akhirnya berpengaruh kepada rambut. 

Jika rutin sarapan, folikel rambut akan lebih terjaga. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti susu, telur, oat, yogurt, dan keju.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.