Bahaya Jika Tubuh Anda Terlalu Kurus

Tubuh kurus merupakan dambaan setiap wanita, yang mana kadang kadang tidak menyadari apabila  tubuh terlalu kurus akan mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan pasokan zat besi dalam jumlah cukup. Penyebab tubuh kurus sangatlah beragam, mulai dari faktor genetik hingga masalah psikologis. Tubuh yang terlalu kurus tidak hanya berdampak pada penampilan secara fisik, tetapi juga rentan terhadap berbagai penyakit. Dibawah ini beberapa penyakit yang timbul karena tubuh terlalu kurus :

Osteoporosis

7 Fakta Osteoporosis yang Belum Banyak Diketahui Orang

Salah satu bahaya utama dari tubuh yang terlalu kurus adalah tulang menjadi mudah keropos dan lemah. Orang dengan badan terlalu kurus memiliki risiko penurunan kepadatan tulang yang lebih parah dibandingkan orang dengan berat badan normal sehingga berisiko terkena osteoporosis.Hal ini terjadi karena kurangnya kalsium dan vitamin D di tubuh akibat terlalu kurus.

Ditambah lagi jika lemak tubuh Anda terbilang rendah. Lemak pada dasarnya tetap diperlukan tubuh salah satunya untuk memproduksi estrogen. Ketika tubuh kekurangan estrogen, tulang menjadi rapuh. Risiko osteoporosis karena kurangnya lemak pada tubuh ini bisa dialami pria maupun wanita.

Anemia

Mengenal Anemia: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak orang yang berat badannya kurang sering merasa lelah. Kekurangan energi dan mudah lelah merupakan gejala dari anemia. Gejala lainnya dari anemia adalah detak jantung yang tidak teratur, nafas pendek, pusing dan sakit kepala.
Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan sel darah merah. Sel darah merah ini berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dan ketika si sel darah merah jumlahnya tidak cukup, tubuh  tidak mendapatkan cukup bahan bakar untuk berenergi. Oleh karena itu sebaiknya pemilik tubuh kurus perlu rutin memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah mereka mendapatkan nutrisi yang cukup atau tidak.

Kekebalan Tubuh Rendah

Sistem Imun Tubuh Lemah? Pahami Gejalanya...

Sistem kekebalan tubuh yang melemah termasuk masalah yang dialami orang dengan tubuh terlalu kurus. Mereka biasanya kekurangan asupan kalori, protein, dan antioksidan.  Tubuh membutuhkan gizi yang cukup agar sistem imun tubuh tetap kuat.

Rentan Sakit

Anda Mudah Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya - Jovee.id

Zat gizi protein berfungsi membuat hormon, enzim, dan membuat jaringan baru yang terserang infeksi. Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Saat keduanya kurang, tubuh Anda jadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Semakin kurus seseorang, risiko mengalami penyakit infeksi akan semakin besar.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.