Manfaat Art Therapy untuk Kesehatan Mental

Penggunaan metode seni dapat membantu mengobati kesehatan mental, ini disebut sebagai art therapy atau terapi seni. Terapi ini beranggapan bahwa ekspresi positif dapat mendorong penyembuhan dan kesejahteraan mental, sehingga art therapy dapat digunakan untuk healing. Telah ada sejak 1940-an, art therapy telah digunakan untuk ekspresi diri dan untuk penyembuhan.

Melalui art therapy, seseorang dapat mengekspresikan dirinya melalui gambar dan karya seni rupa lainnya. Tak hanya menggambar, ini dapat dilakukan melalui seni lainnya seperti menari, musik, menulis, dan drama. Berikut manfaat art therapy bagi kesehatan secara mental!

Memberi Kekuatan Batin

Why Art Therapy? - Connections Wellness Group -

Melalui art therapy, Anda dapat mengkomunikasikan pikiran dan perasaan. Dari perasaan batin dan pengalaman yang telah membentuk Anda, Anda memiliki kesempatan untuk lebih mengenali kekuatan Anda. Saat menghasilkan karya dari dalam pikiran, itu akan memberikan kekuatan tersendiri pada batin.

Berdamai dengan Penyakit Fisik

Punya Hobi Melukis? Ini 7 Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan

Saat Anda memiliki penyakit secara fisik yang membatasi hidup, ini pasti tidak mudah berdampak pada kesehatan mental. Dengan art therapy, dapat mengubah cara Anda melihat dunia dan hal yang berharga bagi Anda. Keterpurukan yang dituangkan melalui karya seni, membuat Anda lebih berdamai dengan penyakit yang sedang diderita.

Sebagai Stress Relief

Beda Jenis Lukisan Beda Teknik! Temukanlah Teknik Melukis Yang Sesuai!

Art therapy dapat membantu menghilangkan stress, melawan kecemasan, dan mengatasi trauma. Membuat karya seni dapat membantu pikiran Anda lebih tenang. Saat merasa emosi sedang memuncak tak tertahan, cobalah tuangkan melalui menggambar atau membuat karya seni lainnya.

Terkadang, tidak semua hal dapat diekspresikan melalui kata-kata, maka art therapy dapat menjadi solusi untuk mengekspresikan diri dan sebagai stress relief. Membuat karya seni dapat memberikan rasa tenang, meningkatkan produktivitas, dan perhatian penuh yang secara efektif dapat mengurangi stres dan kecemasan. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.