Meskipun Mendung, Tak Ada Alasan untuk Tak Pakai Sunscreen

Anggapan bahwa sunscreen harus dipakai hanya ketika ada matahari saja merupakan sebuah kesalahan besar yang masih sering dilakukan oleh masyarakat. Nyatanya, ketika mendung pun kulit kita harus tetap terlindungi dari sinar UV. Memangnya ada sinar UV bahkan saat matahari terhalang oleh awan?

Tentu saja ada! Melansir dari Skin Cancer Foundation, awan hanya mampu menyaring sebanyak 20 persen dari sinar UV yang dipancarkan ke bumi. Sehingga meskipun cuaca tengah mendung, Anda masih dapat terpapar sebanyak 80 persen sinar UVA dan UVB. Angka yang sangat besar untuk menimbulkan kerusakan pada kulit Anda.

Sebenarnya, mengapa sinar UV sangat berbahaya bagi kulit? Yuk kenalan dahulu dengan sinar UV! Sinar UV atau Ultraviolet merupakan sinar yang berbahaya dan jahat untuk kulit Anda. Bagaimana tidak, sinar UVA dapat menyebabkan keriput hingga penuaan dini. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar ketika terlalu lama terpapar di bawah sinar matahari.

Tak hanya itu, pancaran sinar ultraviolet yang terus menerus menerpa wajah kita dapat merusak DNA pada sel kulit. Mengutip dari American Cancer Society ketika kerusakan DNA pada sel kulit terus menerus terjadi, maka kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada kulit adalah kanker kulit. Mengerikan bukan? 

Karenanya, Anda jelas membutuhkan perlindungan yang tepat bagi kulit. Salah satunya adalah perawatan kulit yang mengandung Sun Protection Factor atau SPF. Hal ini salah satunya dapat Anda temukan pada sunscreen. SPF pun beragam mulai dari SPF 20 hingga 30, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena sinar jahat matahari dapat menembus mendungnya awan, demi kesehatan kulit Anda jangan pernah skip untuk memakai sunscreen, ya!

Kategori:Beauty, Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.