Ternyata Kunyit Memiliki Banyak Manfaat Lho!

Di dunia masak-memasak, manfaat kunyit sebagai bumbu dapur sangat populer. Fungsinya adalah pemberi warna alami pada banyak kuliner. Mulai dari nasi tumpeng, gulai, rendang, kare, dan masih banyak lagi masakan yang membutuhkan rempah tersebut sebagai bumbu dasarnya.

Dengan warna orangenya yang khas, bukan cuma terkenal di lingkungan juru masak,  ternyata kunyit punya banyak kegunaan positif untuk menjaga kesehatan serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi kunyit  

Mengobati Maag

Saat Maag Kambuh, Lakukan Ini Untuk Pertolongan Pertama - Serambi Indonesia

Kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, dengan menyeduh secangkir teh kunyit hangat sebagai upaya untuk meredakan nyeri maag. Maag dapat muncul karena adanya luka di lambung akibat infeksi, yang diakibatkan terkikisnya lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik. Kunyit membantu mengurangi frekuensi timbulnya gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Mencegah Penyakit Jantung

8 Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Selain mengobati maag kandungan kurkumin pada kunyit mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah dan juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi  sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Mengurangi Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis

Gejala Osteoarthritis dan Cara Mengobatinya - Alodokter

Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Mengonsumsi ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis..

Mengatasi Diare

Diare: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan | Lifepack.id

Kunyit bermanfaat untuk mengatasi diare yang diakibatkan oleh keracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare, sehingga kunyit ini dapat dijadikan alternative untuk membantu asupan jika terjadi dehidrasi.

Meredakan Nyeri Haid

10 Cara Mudah Mengurangi Nyeri Haid - Smarter Health

Perempuan Indonesia mungkin sudah sangat akrab dengan jamu kunir asam yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. Selain itu, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan. Manfaat kunyit ini semakin diperkuat oleh efek antioksidan tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin dari asam jawa yang menenangkan kontraksi rahim, sehingga sangat bermanfaat sekali bagi para wanita yang bermasalah dikala datang bulan.

Sungguh luar biasa manfaat yang dihasilkan dari tumbuhan kunyit ini jadi nggak ada salahnya kalau kita menyimpan kunyit sebagai persediaan sehingga apabila kita mengalami kondisi seperti diatas kita bisa langsung mengkonsumsinya.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.