Corduroy, Bahan Unik yang Masih Digemari Hingga Kini

Pernah mendengar bahan corduroy? Bagi Anda penggemar fashion pasti sudah tak asing lagi dengan bahan yang ngehits pada tahun 90-an ini. Teksturnya yang unik namun tetap nyaman dipakai membuat mudah dipadupadankan dengan fashion item lainnya.

Selain itu, corduroy juga tergolong mudah dikreasikan menjadi celana, overall jumper, jaket, kemeja, bahkan topi. Kain yang memiliki tekstur unik ini memiliki kesan vintage yang membuat corduroy digemari oleh berbagai kalangan. Yuk kenalan lebih jauh dengan corduroy!

Nenek moyang atau asal muasal corduroy adalah fustian, sejenis kain yang berasal dari tenunan kapas. Fustian sendiri berkembang di kota Fustat, Mesir sekitar 200 tahun sebelum masehi. Fustian pun mulai mendunia pada abad pertengahan ketika dibawa oleh pedagang dari Italia ke berbagai wilayah di Eropa Barat dan digemari bangsawan di sana. 

Konon corduroy berasal dari bahasa Perancis “corde du roi” yang berarti “pakaian raja”. Namun hal itu terbantahkan karena nyatanya corduroy berasal dari kata “cord” yang berarti tali dan “duroy” yang merupakan istilah dari jenis kain woll yang digunakan di Inggris. Kata ini muncul pada saat revolusi industri besar-besaran di Manchester, Inggris pada abad ke 18.

Karena banyak digemari, corduroy pun mengalami masa popularitasnya pada tahun 1960-an hingga paruh awal tahun 1990-an. Pada mulanya, peselancar menggunakan celana pendek corduroy dalam kesehariannya. Lama kelamaan, banyak rocker yang mulai memadupadankan dan mengkreasikan bahan unik ini menjadi berbagai pakaian.
Tak hanya bentuk bahannya yang unik karena berserat, kelebihan lain dari corduroy adalah bahannya yang cenderung hangat dan tidak menerawang. Karenanya, bahan ini sangatlah cocok digunakan pada saat musim penghujan. Selain tetap stylish pastinya membuat Anda merasa hangat. Apakah Anda punya fashion item berbahan corduroy di rumah?

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.