Macam-macam Jenis Kulit yang Digunakan untuk Sepatu Kulit

Bahan kulit sering dimanfaatkan untuk tas, jaket, jelana, dan yang paling umum adalah sepatu kulit. Tak hanya digunakan oleh pria, beberapa sepatu kulit juga digunakan oleh wanita seperti boots dan wedges. Jangan salah, jenis kulit yang digunakan juga beragam, loh! Berikut beberapa jenis bahan kulit untuk sepatu yang perlu kamu tahu!

Full Grain Leather

What is Full Grain Leather? | The Cheaney Journal

Jenis full grain adalah kulit dengan kualitas terbaik dibanding jenis bahan kulit lainnya. Jenis ini diproses secara utuh tanpa mengubah struktur alami permukaan kulit bawaannya. Maka, full grain memiliki pori-pori yang masih alami dan natural hingga tekstur asli kulit binatang yang digunakan masih terlihat jelas. 

Selain itu, bahannya juga lebih tebal dan dari segi harga lebih mahal karena lebih sulit untuk diproduksi oleh pengrajin. Dengan perawatan yang tepat, jenis bahan ini akan lebih awet bertahan selama bertahun-tahun. 

Pull-up Leather

What Is Pull Up Leather, Anyway? - stridewise.com

Pertama kali dikenal pada 1920an, pull-up leather menjadi salah satu bahan favorit untuk dijadikan sepatu untuk santai maupun untuk ke kantor. Jenis ini telah melalui proses koreksi dengan pewarnaan menggunakan senyawa anilin yang dapat menyatukan minyak pada kulit. 

Pull-up leather memiliki daya tahan yang tinggi dan teksturnya yang lembut dan elastis. Hal uniknya adalah saat bahan kulit ini ditarik atau direnggangkan, akan ada efek perubahan warna yang lebih terang. Inilah alasan jenis kulit ini disebut pull-up. 

Suede

Tips Membersihkan Sepatu Suede Agar Lebih Awe

Jenis kulit ini lebih digemari oleh anak muda dan umumnya digunakan untuk sepatu yang lebih santai dan non formal. Teksturnya lebih lembut karena proses pembuatannya yang disamak dari bagian dalam kulit binatang. Tapi sayangnya, jenis suede mudah kotor dan akan berubah warna saat terkena air. 

Nubuck Leather

Suede vs Nubuck: 8 Differences Between Suede and Nubuck

Jenis nubuck leather hampir mirip dengan jenis suede, namun teksturnya lebih halus dan lebih tipis. Kulit ini diproses dengan cara diamplas sehingga lebih lembut, ketahanannya juga lebih tinggi ketimbang kulit jenis lain karena diambil dari kulit bagian terluar. Selain itu juga lebih breathable sehingga saat digunakan, kaki tidak panah dan tidak mudah bau. 

Kategori:Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.