Mengenal Diet Alkaline, Makan dengan Asupan Basa

Diet alkaline atau diet asam merupakan diet dengan mengonsumsi makanan yang bersifat basa. Tujuannya untuk menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam tubuh.  Pola makan ini mengharuskan mengonsumsi makanan yang bersifat alkali atau basa dan membatasi makanan yang bersifat asam, dengan perbandingan 70% dan 30%.

Diet ini awalnya dipopulerkan oleh selebriti dunia seperti Victoria Beckham, Jennifer Aniston, dan Kate Hudson. Konsepnya, diet ini lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung basa atau alkali ketimbang makanan mengandung asam. Ketika pH tubuh seimbang, seseorang akan mendapatkan berat badan ideal dan mengurangi berbagai penyakit kronis.

Cara Melakukan Diet Alkaline

Diet Alkaline, Efektifkah Untuk Turunkan Berat Badan? | HonestDocs

Diet alkaline dilakukan dengan mengatur pola makan dengan 70% asupan makanan basa dan 30% makanan bersifat asam setiap harinya. Untuk makanan basa seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kedelai, dan beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang polong.

Untuk makanan yang bersifat asam seperti susu, telur, daging, dan makanan olahan seperti makanan kaleng dan makanan instan perlu dikurangi. Selain itu, pelaku diet juga perlu menghindari minuman alkohol dan kafein. Makanan sumber protein juga tidak perlu dihilangkan sepenuhnya, meski diet ini mengutamakan konsumsi sayur dan buah namun tubuh tetap membutuhkan asupan protein. 

Manfaat Diet Alkaline

Diet Alkaline, Perlukah Dicoba? - Info Sehat Klikdokter.com

Kadar pH yang seimbang berperan penting dalam produksi hormon. Bagi wanita yang sudah menopause, peningkatkan hormon karena diet alkaline dapat membantu memelihara fungsi jantung serta meningkatkan kemampuan kognitif otak. Selain itu, makanan basa juga baik untuk mencegah hipertensi dan mencegah resiko stroke.

Penyerapan vitamin D dan mineral magnesium juga akan lebih baik saat kadar pH tubuh bersifat basa.  Bagi orang yang menjalani kemoterapi, diet alkaline dapat membantu tubuh untuk menyerap obat lebih efektif. Tak hanya itu, diet alkaline juga dapat mencegah dan mengurangi resiko kematian sel pada efek kemoterapi. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.