Kenali Leuhang, Sauna tradisional Sunda

Source : jabarekspres.com

Sobat Glamours pasti sudah tak asing dengan sauna yang artinya mandi uap sering kita temukan di tempat kebugaran atau lebih dikenal tempat Gym dan Hotel berbintang yang disana pasti ada fasilias saunanya.

Sebetulnya mandi uap atau bahasa serkarang di kenal dengan sauna itu sudah ada jadi zaman dulu dan turun temurun di daerah Jawa barat. Khususnya orang Sunda atau budaya Sunda, mandi uap di sebut dengan istilah Leuhang. Berbeda dengan mandi uap yang lainnya, leuhang menggunakan rempah di dalam rebusan airnya sebagai terapi dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, leuhang juga memperlancar aliran darah sekaligus mengeluarkan racun- racun yang ada di tubuh melalui keringat.


Rempah-rempah yang digunakan pun seperti kita seperti daun jeruk, daun sirsak, daun honje, sirih, daun nona dan lainnya. Dengan cara merebusnya bersamaan ketika air mendidih di masukan ke dalam ember lalu kita tutup badan kita memakai plastik atau sarung agar uap dari air rebusan langsung ke tubuh kita. Lakukan kurang lebih 15 menit dan anda bida merasakan sensasi tubuh yang menjadi lebih ringan karena racun racun di keluaran dari keringan uap.
Mudah bukan, apakah Sobat Glamours berminat mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.