Mengapa Inspirasi Kerap Kali Datang di Kamar Mandi?

Anda pasti pernah menghabiskan waktu cukup lama di dalam kamar mandi, entah untuk mandi, buang air besar, atau sekadar mencari ketenangan sambil bermain air. Lalu tiba-tiba Anda mendapatkan sebuah ide brilian. Pernah bukan? Bukan karena kamar mandi memiliki energi mistis, terdapat penjelasan ilmiahnya, lho.

Menurut penelitian, sekitar 72 persen orang menemukan ide-ide terbaiknya ketika tengah berada di dalam kamar mandi. Melansir dari Wired, dalam ilmu psikologi hal ini disebut dengan Default Mode Network atau jaringan mode default. 

Istilah yang pertama kali dipakai pada tahun 2001 oleh Dr. Marcus Raiche ini menggambarkan suatu keadaan dimana otak tengah beristirahat karena hanya menggunakan sebagian kecil energi untuk melakukan sesuatu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih rileks daripada biasanya.

Lebih jauh, John Kuinos seorang psikolog yang mempelajari tentang kreativitas dan distraksi di Drexel University, Philadelphia mengatakan bahwa Default Mode Network membuat Anda lebih tak menghiraukan apa yang ada di sekitar, sehingga Anda lebih berfokus pada alam bawah sadar Anda.

Tak hanya itu, ketika Anda semakin rileks berada di kamar mandi maka otak akan mengeluarkan hormon dopamin. Sebuah zat kimia yang mengatur jalanya emosi dan mendatangkan kreativitas. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ketika mandi Anda lebih kreatif, karena mandi membantu otak mengeluarkan dopamin.

Jadi, semakin Anda merasa rileks di kamar mandi maka otak Anda akan beristirahat dan mengeluarkan hormon dopamin yang memicu kreativitas Anda. Karenanya, bukan tidak mungkin bahwa ide-ide cemerlang akan hadir ketika Anda berada di dalam kamar mandi.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.