Jenis Hormon Bahagia agar Tidak Stress di Tengah Merebaknya Covid-19

Merasa cemas, bingung, dihantui rasa takut seringkali menimpa kita di tengah pandemi Covid-19, hal ini rentan membuat orang menjadi stress. Beberapa hormon tertentu dalam tubuh dapat memberikan perasaan positif seperti kebahagiaan dan kesenangan. Saat seperti ini, hormon bahagia berperan penting untuk menangkal stress di tengah merebaknya kasus Covid-19.

Berikut 4 hormon bahagia yang yang mampu menangkal perasaan stres dan cemas!

Dopamin

42 Kata-Kata Bijak tentang Bersenang-senang, Dorongan Menikmati Hidup -  Ragam Bola.com

Dikenal sebagai hormon ‘rasa senang’, dopamin merupakan hormon dan neurotransmitter yang menjadi bagian penting dalam sistem otak. Hormon ini dikaitkan dengan kesenangan, pembelajaran, memori, dan fungsi sistem motorik. Untuk meningkatkan hormon dopamin, Anda dapat berolahraga, makan enak, dan tertawa. 

Serotonin

Benarkah Mendengarkan Musik Dapat Mengatasi Gangguan Tidur? - Tirto.ID

Serotonin atau the mood stabilizer adalah hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood, nafsu makan, tidur nyenyak, menambah nafsu makan, dan kemampuan belajar. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hormon ini adalah dengan mendengarkan musik, berjemur, atau meditasi. 

Endorfin

5 Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja

Hormon yang satu ini menjadi pereda nyeri alami dalam tubuh, yang diproses oleh tubuh sebagai respon atas perasaan stress dan tidak nyaman. Endorfin dapat disebut juga sebagai the pain reliever, untuk meningkatkannya dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan. 

Oksitosin

8 Manfaat Hidup Bersama Kucing

Oksitosin atau love hormone adalah hormon yang berkaitan dengan perasaan cinta seperti kelahiran, menyusui, dan ikatan antara orang tua dengan anak. Hormon ini juga berkaitan dengan rasa kepercayaan dan ikatan dalam sebuah hubungan. Untuk meningkatkan hormon oksitosin melalui afeksi fisik seperti memeluk orang yang disayang, bermain dengan hewan peliharaan, dan bercinta. 

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.