Manfaat Mengkonsumsi Semangka Bagi Kesehatan

Buah yang mengandung banyak air ini dapat menyegarkan dan rasanya yang manis. Selain rasanya yang enak, semangka memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga untuk kulit. Buah ini juga rendah kalori, dan jika dikonsumsi secara rutin dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini!

Menghidrasi Tubuh

Makan Semangka Bisa Bikin Kulit Cantik

Tak hanya air putih yang dapat menghidrasi tubuh, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar air tinggi juga dapat menghidrasi. Semangka memiliki 92% kadar air dan mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebesar 20-30%. Selain itu, adanya kandungan elektrolit dalam semangka dapat membuat tubuh lebih segar terutama saat sedang hawa panas.

Menjaga Kesehatan Jantung

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Mudah

Sebuah penelitian menyatakan jika senyawa dalam semangka terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat mengurangi plak penyumbat arteri di jantung. Adanya kandungan vitamin A, C, dan magnesium juga bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda.

Menjaga Kesehatan Mata

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Semangka memiliki kandungan karotenoid seperti likopen yang bermanfaat untuk mengurangi resiko degenerasi makula, atau kerusakan mata karena usia. Kandungan lainnya seperti likopen, antioksidan, serta vitamin C baik juga untuk menjaga kesehatan mata. 

Mencegah Kanker

5 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini - Womantalk

Buah-buahan merah termasuk semangka memiliki kandungan likopen atau antioksidan kuat yang memiliki sifat pencegah kanker dalam jumlah tinggi. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA, menghentikan pertumbuhan sel kanker, hingga meningkatkan enzim yang dapat memecah penyebab kanker. 

Baik untuk Kulit dan Rambut

5 Makanan Terbaik untuk Kulit, Rambut, dan Kuku yang Sehat - Fashion &  Beauty Liputan6.com

Saat ini sudah mulai banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan semangka, karena baik untuk kulit. Vitamin A dan C dalam semangka berperan baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Jika kulit Anda kering dan tidak sehat, bisa jadi karena kekurangan vitamin A. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen bagi kulit. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.