Manfaat Royal Jelly yang Kaya Akan Vitamin

Tak hanya madu, propolis, dan sarang lebah, ternyata lebah menghasilkan susu lebah atau royal jelly yang bermanfaat bagi kesehatan. Royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh lebah madu yang biasanya digunakan sebagai makanan ratu lebah. Peternak lebah madu mengambil makanan untuk ratu ini dan kemudian dijual karena khasiatnya.

Berbeda dengan madu, royal jelly memiliki warna yang lebih putih. Kandungannya berupa campuran air, kolagen, dan berbagai enzim. Adanya kandungan inilah yang membuat royal jelly kaya akan manfaat. Saat ini royal jelly tersedia dalam bentuk suplemen kapsul atau bubuk dan royal jelly segar, berikut manfaat royal jelly untuk kesehatan!

Meningkatkan Imun Tubuh

Lima Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Sehat Selain dengan Olahraga - Semua  Halaman - National Geographic

Royal jelly dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat membantu meringankan gejala alergi. Asam lemak yang terkandung pada royal jelly dapat mengurangi infeksi dan meningkatkan imun. Selain itu, dapat juga meningkatkan respons alami tubuh saat terserang bakteri dan virus. 

Mengatur Gula Darah

13 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Halaman all - Kompas.com

Royal jelly mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur gula darah, dengan cara mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh. Meski belum banyak penelitian mengenai ini pada manusia, namun sebuah penelitian kecil menunjukan jika seseorang yang sehat dan berpuasa diberikan suplemen royal jelly setiap hari dapat menurunkan 20% gula darah.  

Menyembuhkan Luka

Koreng Mengganggu Penampilan? Ini Cara Mudah Menghilangkannya - Alodokter

Royal jelly dapat menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan pada kulit. Ini dapat digunakan dengan cara dioles atau dikonsumsi langsung. Secara ilmiah juga royal jelly digunakan oleh dokter bedah spesialis bedah plastik untuk mengobati kasus luka bakar. Ini karena royal jelly memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah infeksi pada luka. 

Untuk Perawatan Rambut

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak Lebih Sehat Halaman all - Kompas.com

Tak jarang royal jelly dijadikan salah satu kandungan pada produk perawatan rambut. Ini disebabkan karena kandungan biotin dalam royal jelly yang dapat memicu pertumbuhan rambut. Sejak dulu royal jelly sudah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan rambut

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.