Punya Gigi Sensitif? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Memiliki gigi sensitif terkadang mengganggu aktifitas, apalagi sedang mengkonsumsi makanan yang memicu rasa nyeri pada gigi sensitif. Rasa nyeri tersebut muncul dari lapisan pelindung yaitu enamel gigi yang rusak sehingga menjadi lebih sensitif. Ada beberapa faktor pemicu gigi sensitif, untuk mencegah kambuhnya gigi sensitif Anda dapat menghindari beberapa makanan dan minuman berikut!

Buah Sitrus

10 Khasiat Buah Citrus Untuk Kesehatan Seperti Jeruk Nipis dan Lemon

Buah sitrus adalah buah yang asam seperti jeruk, nanas, lemon, dan jeruk ini. Ini perlu dihindari karena makanan yang terlalu asam dapat membuat gigi lebih sensitif, karena email gigi yang rusak. Tak hanya buah utuh, minum jus buah sitrus juga dapat memicu rasa ngilu pada gigi sensitif. 

Es Krim

Selain Karena Manis, Ini Alasan Es Krim Bikin Kita Selalu Ketagihan

Bukan hanya suhunya yang dingin, adanya kandungan gula pada es krim dapat memicu rasa linu pada gigi sensitif. Ini karena lapisan enamel pada gigi yang tipis, sehingga saraf lebih mudah terekspose makanan dan tinggul rasa tidak nyaman saat makan. Meski dapat menyegarkan, hindari mengkonsumsi es krim, ya!

Soda 

Soda memiliki dua bahan yang dapat memicu gigi sensitif yaitu gula dan asam yang dapat membuat iritasi gigi yang terbuka. Apalagi jika soda dingin, ini akan memperparah kondisi gigi sensitif. 

Kopi Panas

Selain menghindari minuman dingin, minuman panas seperti kopi panas perlu untuk dihindari. Suhu yang ekstrim dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi gigi sensitif. Kopi panas dapat memicu gigi nyeri dan ngilu, apalagi jika ditambahkan gula.  Lebih disarankan untuk meminum kopi dengan suhu yang lebih dingin, dan menurunkan kadar keasaman kopi. 

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.