Tsundoku: Si Gemar Menumpuk Buku

Ketika datang ke pameran buku, apakah Anda sering memborong banyak buku? Ketika datang ke toko buku, Apakah Anda memborong buku juga? Jika iya, coba cek keadaan buku tersebut apakah semuanya telah terbaca habis atau Anda bahkan melupakannya?

Jika Anda melakukan hal tersebut berarti Anda termasuk ke dalam masyarakat yang mengalami tsundoku. Kata Tsundoku ini sudah dipakai sejak Era Kekaisaran Meiji di abad ke-19 yang merupakan gabungan dari kata tsunde-oku yang berarti menumpuk dan dokusho yakni membaca buku. Sehingga gabungannya yaitu tsundoku berarti memiliki bahan bacaan namun membiarkannya menumpuk.

Melansir dari BBC, kata tsundoku pertama kali dipakai pada tahun 1879-an. Pada tahun yang sama, terdapat pula ungkapan lanjutannya yakni tsundoku-sensei yang gunanya untuk menyindir guru yang memiliki banyak bahan bacaan namun hanya menimbunnya bukan membacanya.

Lalu apakah kegiatan tsundoku ini berbahaya? Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kegiatan ini dapat mengganggu atau merupakan sebuah kelainan medis. Namun, kegiatan tsundoku ini jelas dapat menguras kantong Anda jika terus menerus dilakukan.

Bayangkan berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk buku-buku tersebut yang akhirnya hanya menumpuk di lemari bacaan Anda dan belum pernah tersentuh lagi. Padahal, Anda dapat mengalokasikan dana tersebut untuk hal-hal lain yang lebih darurat dan lebih bermanfaat.

Ketika Anda sudah mengalami tahapan tsundoku, maka Anda harus mengurangi kegiatan konsumtif tersebut untuk beberapa waktu. Ketika Anda meluangkan waktu untuk tak membeli buku lagi, gunakan waktu tersebut untuk mulai membaca buku-buku yang sebelumnya telah Anda tumpk itu. Coba baca bagian sinopsis dan daftar isi untuk menggugah minat baca Anda

Kategori:Uncategorized, Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.