Cara Mengatur Waktu Antara Kuliah dengan Part-time, Kenapa Tidak?

Memiliki pekerjaan sampingan saat berkuliah mengasyikan, selain mendapatkan uang tambahan Anda juga dapat mendapatkan pengalaman baru. Tapi, kuliah saja sudah banyak menyita waktu, apalagi jika sambil melakukan pekerjaan sampingan seperti part time? Berikut cara mengatur waktu agar kuliah dengan pekerjaan tetap seimbang!

Kenali Batasan Diri

Sedang Cari Kerja? Ini 20 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di  Indonesia - Abadikini.com

Mengeksplorasi diri saat berkuliah dengan aktif mengikuti ini-itu memanglah bagus. Anda dapat mencari pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah mengenali batasan diri, bukan hanya secara fisik saja tetapi juga soal waktu. Carilah pekerjaan part time yang tidak memberatkan waktu kuliah Anda. 

Atur Prioritas

Buruan Daftar! BUMN Kemenkeu Ini Buka Lowongan Kerja

Ketika sudah berkomitmen menjalankan kuliah dengan part time berarti Anda siap untuk mengorbankan hal lainnya. Misalnya waktu untuk bersosialisasi yang perlu Anda kurangi, terlebih jika tidak terlalu penting. Selalu atur skala prioritas dari yang paling penting hingga paling tidak penting. Ingat! Kuliah harus tetap prioritas pertama.

Jangan Tunda Tugas

Kewalahan Kerjakan Tugas? Gunakan Metode “Eat That Frog” Halaman all -  Kompas.com

Apakah Anda tipikal yang suka mengerjakan mepet dengan deadline? Jika iya, cobalah untuk mengerjakannya langsung begitu mendapatkan tugas. Menyicil tugas dapat menjadi solusi dari Anda yang juga sibuk dengan pekerjaan sampingan. Dengan begitu, Anda tidak akan kelimpungan saat diharapkan dengan deadline yang berdekatan.

Cari Atasan yang Pengertian

Ngobrol Santai dengan Atasan? Simak 5 Tips Jitu Ini!

Penting untuk berdiskusi dengan atasan Anda mengenai jadwal kuliah. Meski Anda hanya part time, terkadang atasan meminta waktu lebih di luar jam kerja Anda ataupun Anda yang tiba-tiba ada keperluan kuliah. Jika atasan memberi pengertian dan memberi keleluasaan soal waktu, gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. 

Sisihkan Waktu Libur

Kegiatan Antibosan untuk Isi Waktu Libur di Rumah - MerahPutih

Setelah bekerja keras dalam satu minggu, jangan lupa untuk sisihkan waktu untuk berlibur. Jangan sampai terlalu banyak bekerja dan berkuliah membuat Anda stress. Sisihkan waktu untuk beristirahat, me time, atau menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga. 

Kategori:Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.