Catat! Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin Corona

Sebelum mendapatkan vaksin, tubuh harus dalam kondisi yang fit dan asupan gizi yang terjaga agar dapat mengurangi efek sampingnya. Setelah mendapatkan vaksin, bukan berarti tubuh menjadi kebal akan virus, namun vaksin berfungsi untuk memberikan perlindungan lebih pada tubuh. Maka, untuk membuat vaksin bekerja secara efektif kondisi tubuh perlu diperhatikan. 

Pola makan yang bernutrisi sangat berpengaruh pada keefektifan kinerja vaksin. Sebelum dan sesudah melakukan vaksin, Anda dapat mengkonsumsi makan berikut ini!

Banyak Minum Air Putih

Menghidrasi tubuh merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum dan sebelum mendapatkan vaksin. Pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan air bagi tubuh sepanjang hari, usahakan untuk minum air sebanyak kurang lebih 3 liter perhari. Setelah vaksin, disarankan untuk banyak minum air agar mengurangi efek samping seperti demam.

Hindari Minuman Beralkohol

Bagaimana Konsumsi Alkohol Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh? Halaman all -  Kompas.com

Sebelum dan sesudah vaksin, hindari dulu mengonsumsi alkohol hingga beberapa hari setelah vaksinasi. Meski hanya mengkonsumsi sedikit, alkohol dapat memicu dehidrasi dan bisa memperparah efek samping. Selain itu, alkohol juga dapat menurunkan imunitas, karena menurunnya kualitas tidur. 

Sayur dan Buah

Banyaknya kandungan nutrisi pada sayur dan buah baik untuk menguatkan imunitas dan membuat tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit. Terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin C, bagus untuk membantu tubuh memproduksi sel darah guna mencegah infeksi dan efek samping pasca vaksinasi. 

Setelah melakukan vaksinasi, disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah yang tinggi vitamin C seperti lemon, jeruk, atau paprika merah. Selain itu, konsumsi juga sayur-sayuran hijau yang kaya akan antioksidan seperti brokoli dan bayam. 

Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Inilah 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan - Alodokter

Salah satu efek samping vaksinasi adalah mual, jika ini terjadi Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Seperti melon, air kelapa, dan sup. Hindari dulu makanan berat seperti gorengan, daging, dan makanan yang tinggi gula. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.