Clean Eating, Pola Diet dengan Makanan Sehat

Clean eating merupakan pola makan bersih yang mana hanya mengonsumsi makanan utuh dan alami. Seperti buah dan sayuran, protein nabati, kacang-kacangan, dan minyak sehat. Pada pola makan ini, menghindari makanan instan, makanan dalam kemasan, dan makanan yang melewati banyak proses sehingga nutrisinya hilang.

Melakukan clean eating dapat memberikan berbagai manfaat seperti mencegah kanker, meningkatkan energi, serta menjaga kesehatan kulit. Berat badan turun menjadi bonus dalam program clean eating, namun tak jarang ini dijadikan sebagai salah satu cara diet. Lalu, bagaimana cara melakukan clean eating? Berikut caranya!

Perbanyak Buah dan Sayuran

Banyak Makan Sayur Terbukti Membuat Orang Lebih Optimis
Source : Thinkstock

Kedua jenis makanan ini menjadi menu wajib clean eating. Konsepnya, semua makanan yang Anda konsumsi harus segar dan alami. Perbanyak porsi sayuran dalam menu makan Anda dan menjadikan buah sebagai pengganti camilan. Lebih baik lagi jika mengkonsumsi buah dan sayuran organik, agar lebih bebas dari bahan-bahan kimia.

Batasi Konsumsi Karbohidrat dan Gula

6 Tips Makan Makanan Manis Tanpa Bikin Gula Darah Naik : Okezone Lifestyle

Nasi putih memiliki kandungan gula dan glukosa yang tinggi, saat melakukan clean eating sebaiknya dihindari. Anda dapat menggantinya dengan oats, nasi merah, atau quinoa. Penggunaan gula juga harus dibatasi, cobalah untuk mengganti gula dengan sumber pemanis alami seperti buah-buahan atau madu. 

Mengatur Jam Makan

Jadwal Makan Diet Sehat Agar Tubuh Ideal Sesuai Impian - Tips Detox

Dalam diet bukan hanya soal pemilihan makanannya, tetapi juga soal porsi dan waktu makan yang teratur. Porsi yang dianjurkan dalam diet clean eating yaitu dengan membagi jam makan dan porsi makan sebanyak 6 kali porsi dalam sehari. Makan dengan porsi kecil tapi sering akan menghindari dari rasa lapar. 

Minum Air yang Cukup

Penuhi kebutuhan harian air, yaitu sekitar 3 liter perhari atau setara dengan 8-13 gelas. Ini akan membuat tubuh Anda terhindari dengan baik serta menghindari Anda dari minuman berkalori yang mengandung banyak gula. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.