Cara Menyimpan Nori Agar Tetap Renyah

Crispy dried seaweed on wooden plate

Nori atau rumput laut identik dengan makanan Jepang seperti sushi, selain itu dapat juga digunakan sebagai kimbab, pelengkap hidangan, atau sebagai camilan. Saat menggunakan nori, kadang hanya membutuhkan beberapa helai saja dan  menyisakan  nori di dalam kemasan. Anda perlu memperhatikan dalam menyimpannya agar nori tersebut tetap renyah dan tidak lembek.

Gunakan Silica Gel

Resep Tips Menyimpan Nori oleh RatuAthor - Cookpad

Umumnya nori dalam kemasan plastik sudah diberikan silica gel. Fungsinya untuk menyerap kelembapan di sekitar sehingga nori tidak mudah lembek. Sebaiknya, Anda tidak membuang silica gel dalam kemasan. Justru dapat digunakan kembali untuk menyimpan nori sisa. 

Simpan di Kantung Zip Lock

Plastik Ziplock Mengenal Fungsi dan Manfaat Kemasannya

Untuk menjaga kelembapan nori, Anda dapat menyimpannya di dalam kantung zip lock agar tidak ada udara masuk. Sebelum di seal, tekan-tekan kantungnya terlebih dahulu hingga tidak ada sisa udara di dalamnya. Setelah itu seal kantung zip lock dan simpan di wadah yang kedap udara atau dalam lemari penyimpanan. 

Simpan di Kulkas

Inguard Kantong Plastik Organizer Makanan Silicone Food Bag Ziplock 1L 4  PCS - Transparent - JakartaNotebook.com

Menyimpan nori di kulkas dapat bertahan sekitar 2 hingga 3 minggu, 6 bulan di lemari es, dan 10 bulan di dalam freezer. Namun perlu diperhatikan, saat membuka kemasan langsung setelah keluar dari lemari es atau freezer justru akan membuat kemasannya lembab. Anda dapat membiarkannya terlebih dahulu hingga hangat sebelum membukanya, dengan begitu tekstur renyah nori masih bertahan. 

Selain cara di atas, Anda dapat memanggang lembaran nori di atas api terbuka hingga garing saat nori sudah terlanjur lembek. Dengan cara ini, nori akan garing karena kelembabannya sudah terkena api. 

Kategori:Kitchen Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.