Jangan Salah, Inilah Kandungan Skincare yang Tak Boleh Dipakai Bersamaan

Untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat, maka Anda dapat memilih untuk menggunakan skincare. Setiap tahapan dan kandungannya memiliki beragam manfaat bagi kulit Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit.

Namun tahukah Anda, bahwa tak semua kandungan bahan aktif dalam skincare yang digunakan secara bersamaan dapat memberikan hasil yang sempurna? Nyatanya ada beberapa bahan aktif skincare yang tak boleh digunakan bersamaan karena dapat mengurangi manfaat dari zat aktif tersebut. Apa sajakah bahan aktif tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Retinol dan AHA/BHA

Belakangan ini retinol dan AHA/BHA menjadi bahan aktif skincare yang sangat digemari oleh berbagai kalangan karena khasiatnya. Banyak pula brand kecantikan yang menggunakan kedua bahan aktif ini dalam produknya. Namun ternyata pemakaian retinol dan AHA/BHA tak boleh dilakukan bersamaan.

Hal ini dikarenakan peeling agent yang terkandung dalam retinol berguna untuk mempercepat regenerasi kulit, dan AHA/BHA yang merupakan bahan aktif untuk eksfoliasi. Ketika keduanya dipakai pada saat yang sama, maka akan membuat kulit Anda over exfoliated. Namun tak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakannya bergantian. Misal AHA/BHA pada pagi hari dan retinol pada malam hari.

Vitamin C dan Niacinamide

Baik vitamin c dan niacinamide, keduanya memiliki manfaat yang agak mirip. Yakni untuk mencerahkan, mengurangi kemerahan pada kulit, juga untuk meratakan warna kulit. Namun pemakaian keduanya secara bersamaan hanya akan mengurangi manfaat dari keduanya. 

Lebih jauh, penggunaan kedua bahan aktif ini secara bersamaan akan membuat kulit Anda menjadi merah dan tak merata. Malah berbalikan dengan manfaatnya ketika dipakai sendiri-sendiri bukan? Untuk mengakalinya, Anda dapat menggunakan kandungan skincare ini pada waktu yang berbeda.

Water Based dan Oil Based

Seperti yang kita tahu bahwa air dan minyak memang tak bisa menyatu bukan? Hal ini pula berlaku pada skincare. Skincare dengan formula berbahan dasar minyak hanya akan menghalangi skincare berbahan dasar air. Karenanya Anda harus memeriksa kandungan skincare sebelum memakainya agar tak sia-sia.

Categories: Beauty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.