Ramune, Minuman Dari Jepang dengan Botol Unik

Jika Anda pernah mengunjungi Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Ramune adalah minuman berkarbonasi yang memiliki berbagai rasa. Minuman ini banyak dijual di vending machine ataupun supermarket di Jepang. Bahkan saat ini sudah banyak yang menjual ramune di e-commerce, botolnya yang unik dan rasanya yang segar menjadikan ramune diminati di Indonesia.

Kara ramune berasal dari serapan bahasa Inggris, yaitu lemonade karena minuman berkarbonasi ini memiliki rasa lemon-lime sebagai rasa standarnya. Tapi saat ini sudah tersedia dalam berbagai rasa seperti melon, jeruk, strawberi, peach, dan lainnya. Meski sudah banyak produk soda lainnya yang bermunculan, namun penggemar ramune tidak pernah hilang.

Berbeda dengan minuman berkarbonasi lainnya yang biasanya menggunakan botol kaleng atau botol ulir, ramune justru menggunakan botol khusus dengan kelereng di dalamnya. Terdapat kelereng kecil yang berfungsi sebagai tutupnya, ini karena tekanan gas dari cairan berkarbonasi yang memaksa kelereng menggelinding ke mulut botol.  Kelereng kecil ini menghasilkan suara gemerincing yang unik saat botol digoyangkan. 

Tak usah khawatir akan tertelan, leher botol sudah di desain secara khusus dengan bentuk codd neck. Bukan tanpa alasan, kelereng ini berfungsi untuk menjaga agar soda di dalamnya tidak menguap. Meski sebagian besar model botol codd neck sudah tidak digunakan lagi, namun produsen Jepang masih mempertahankan bentuk klasiknya dan hanya ramune yang masih setia menggunakan botol berbentuk ini. 

Cara membukanya juga cukup unik, karena kelereng yang menyumbat mulut botol tidak bisa ditekan begitu saja maka disediakan alat penekan khusus dari plastik. Cukup tekan tutup botol dengan penekan tersebut secara perlahan, lalu kelereng akan jatuh dan ramune siap untuk diminum. Kekurangannya, jenis botol ini hanya sekali buka dan tidak dapat ditutup kembali dan Anda harus langsung menghabiskannya.

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.