Cermati Bahaya di Balik Wanginya Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi atau scented candle merupakan salah satu pilihan dari berbagai macam pengharum ruangan. Wanginya yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Belum lagi tampilannya yang cantik dan menenangkan membuat Anda jatuh hati untuk memilih pewangi ruangan yang satu ini.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa bahaya yang dapat mengintai kesehatan Anda apabila secara terus menerus menggunakan lilin ini untuk membuat ruangan terasa wangi. Berikut adalah rinciannya.

Dapat Memperburuk Asma

Bagi Anda penderita asma, lilin aromaterapi sebaiknya menjadi pengharum ruangan yang paling dihindari. Melansir dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology, lilin aromaterapi memiliki senyawa kimia tertentu yang dapat memicu iritasi pada saluran pernapasan. Lebih jauh, Iritasi ini dapat membuat saluran pernapasan tersumbat. Tentunya hal ini dapat memperburuk asma.

Membuat Sakit Kepala

Meskipun wangi, namun jika Anda menghirup lilin ini terlalu lama maka akan membuat kepala terasa pening. Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari pembuatan seluruh lilin termasuk lilin aromaterapi adalah parafin. 

Parafin sendiri dapat melepaskan senyawa karsinogenik yang tak berbeda jauh dengan senyawa yang dikeluarkan oleh mesin diesel ataupun rokok. Karenanya, Anda tak disarankan untuk terlalu lama menyalakan lilin ini.

Membahayakan Kesehatan Paru-Paru

Tak hanya membuat sakit kepala, parafin wax yang terdapat pada lilin aromaterapi semakin lama dapat membuat paru-paru Anda menjadi tak sehat. Hal ini tentunya akan semakin parah jika sumbu yang digunakan terbuat dari logam. Zat toxin yang dihasilkan akan membuat paru-paru Anda semakin sakit.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir untuk menggunakan lilin aromaterapi ini. Anda disarankan untuk menggunakan lilin ini selama 2 jam saja perharinya. Pilih juga yang menggunakan sumbu biasa bukan dari inti logam, ya!

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.