Seberapa Sering Eksfoliasi Harus Dilakukan?

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan terawat, Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi. Sebuah rangkaian skincare yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dengan metode mekanis maupun kimiawi. Sel kulit mati yang terangkat ini akan membuat wajah Anda tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Namun, eksfoliasi tak boleh dilakukan terlalu sering. Karena dapat membuat kulit Anda menjadi over exfoliated. Hal ini tentunya akan membuat skin barrier rusak dan memicu timbulnya jerawat hingga kulit kemerahan juga gatal dan iritasi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui seberapa sering eksfoliasi dilakukan pada kulit Anda.

Banyak ahli merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi baik secara mekanik (menggunakan scrub) maupun kimiawi (menggunakan cairan kimia seperti AHA/BHA) sebanyak 2 hingga 3 kali saja. Untuk pemilik kulit sensitif, Anda dapat melakukan eksfoliasi sekali saja.

Untuk waktu, sebetulnya Anda dapat melakukan eksfoliasi kapan saja entah itu pada pagi hari maupun malam hari. Namun jika Anda harus menggunakan make up setiap harinya, maka eksfoliasi paling optimal dapat dilakukan pada malam hari sebelum Anda tidur. Hal ini membuat kulit Anda akan semakin bersih.

Namun, jika Anda sering begadang dan memiliki kulit yang kusam maka Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi pada pagi hari. Tak hanya itu, ketika pada malam hari Anda telah menggunakan skincare dengan bahan aktif yang kuat seperti halnya retinol, maka eksfoliasi pada pagi hari merupakan saat yang paling tepat. Hal ini untuk menghindari iritasi apabila digunakan secara bersamaan.

Kategori:Beauty

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.