Waspada! Ini Bahaya Menggunakan Kuku Palsu

Saat ini sudah beragam model kuku palsu yang dapat menunjang penampilan Anda, sehingga kuku terlihat lebih cantik. Penggunaannya yang mudah dan model yang beragam menjadikan kuku palsu pilihan yang praktis. Namun, di balik cantiknya kuku palsu terdapat bahaya yang mengancam kesehatan kuku, berikut penjelasannya!

Kuku asli menjadi rusak

Salah Mencopot Kuku Palsu, Fatal Akibatnya - Cantik Tempo.co

Kuku palsu memiliki banyak jenis, salah satunya adalah kuku akrilik, yang pemasangannya dilakukan dengan mengikir kuku asli Anda. Setelah itu, kuku akan dilapisi bahan kimia dan proses inilah yang dapat membuat permukaan kuku lebih tipis. Bahan kimia yang digunakan juga dapat mengiritasi kulit area kuku. 

Belum lagi saat Anda melepasnya, kuku akan direndam di dalam cairan aseton selama 10 menit. Proses tersebut membuat lapisan kuku semakin kering. Jika Anda menggunakan kuku palsu selama 2-3 minggu, Anda perlu rutin datang ke salon untuk memperbaiki celah antara kutikula dengan kuku palsu dari akrilik. Sehingga, kuku Anda akan menjadi tipis, rapuh, kering, dan melemah. 

Infeksi kuku

Kuku Kusam, Sekadar Kotor atau Gejala Penyakit Tertentu? | Popmama.com

Ketika menggunakan kuku palsu, akan terbentuk celah antara kuku palsu dengan kuku asli. Ini dapat menjadi ruang untuk bakteri dan jamur berkembang, sehingga memicu infeksi kuku. Jika infeksi karena bakteri terjadi, akan membuat kuku berwarna hijau, sedangkan infeksi karena jamur dapat membuat kuku menjadi hancur. 

Menimbulkan alergi

Waspada, Ini 5 Gejala dari Paronikia

Kuku palsu memiliki kandungan kimia yang bagi beberapa orang rentan untuk alergi dari bahan kuku palsu. Akibatnya, akan gatal di sekitar kuku, membengkak, hingga kuku menjadi memerah dan bernanah. Sebaiknya, Anda menggunakan kuku palsu sesekali saja tidak dalam jangka waktu yang lama, agar terhindar dari alergi kuku palsu. 

Menghambat pertumbuhan kuku

Meski sudah memasang kuku palsu akrilik dengan benar, tapi dapat  menghambat pertumbuhan kuku. Ini terjadi karena kuku yang dikikir agar cat akrilik dapat lebih melekat pada kuku asli. Proses ini yang dapat menipiskan kuku hingga dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.