Kain Tenun Di Berbagai Daerah Di Indonesia

Indonesia memiliki berbagai macam suku dan adat dengan kekayaan budayanya. Terlebih di bidang fashion, terdapat banyak kain tradisional yang memiliki corak khas daerahnya tersendiri. Salah satu kain tradisional yang terkenal adalah kain tenun. Dibawah ini merupakan beberapa jenis kain tenun yang perlu anda ketahui.

Tenun Siak

Motif Tenun Siak, 3 Siku dan 3 Pucuk • Agenda Indonesia

Kain ini berasal dari daerah Riau. Menariknya kain ini dahulu, digunakan oleh lingkungan kerajaan Siak Sri Indrapura saja, alias kaum bangsawan saja yang boleh menggunakannya. Tenun ini memiliki cirkhas motif tumbuhan dan hewan.

Tenun Toraja

Kain Tenun Motif Toraja Terbaru | Shopee Indonesia

Jika kain lain memiliki harga yang lebih mahal jika kainnya berukuran besar, berbeda dengan tenun toraja yang jika kainnya berukuran lebih kecil justru lebih mahal. Hal itu dikarenakan proses pembuatan yang lebih rumit. Motif dan warna tenun toraja menggambarkan keindahan alam Toraja.

Tenun Sumba

Indonesia.go.id - Kain Tenun Sumba dengan Motif Penuh Makna

Seiring naiknya popularitas Sumba karena wisatanya yang menakjubkan, popularitas tenun Sumba juga menjadi naik daun. Tenun Sumba yang berukuran lebar bisa di proses dalam waktu 4-6 bulan loh sobat glamours! Tenun sumba biasanya disampirkan di bagian punggung belakang dan menjadikannya selimut, berikut dengan latar belakang keindahan alam Sumba.

Tenun Ulos

Kenali Tenun Ulos di Museum Tekstil – Taufiqurokhman

Ulos memang menjadi kain tradisional Sumatera Utara. Biasanya kain tradisional ini dipakai untuk menghadiri upacara adat batak dengan disampirkan di bagian bahu. Warna yang mendominasi kain ini adalah cokelat dan hitam. 

Tenun Gringsing

Kain Gringsing, Tenun Khas Bali yang Istimewa - Mahligai Indonesia

Ke populeran tenun gringsing memang tidak perlu diragukan lagi sejak dahulu. Kain ini merupakan satu-satunya kain yang menggunakan teknik double ikat. Kain tenun yang berasal dari Bali ini juga membutuhkan waktu 2-5 tahun dalam sekali pembuatannya loh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.