Selain Jorok, Ini Efek Buruk Jarang Mandi

Saat tidak melakukan aktivitas di rumah, rasanya malas untuk mandi. Terlebih saat ini adanya Work From Home (WFH) di tengah pandemi Covid-19 membuat sebagian orang menjadi malas untuk mandi karena seharian hanya di rumah saja. Padahal, menjaga kebersihan diri dengan mandi tetap perlu dilakukan meski tidak keluar rumah. Ini efek buruk yang mengintai saat Anda jarang mandi!

Bau badan berlebih

Jarang Mandi, Adakah Dampaknya pada Kesehatan?

Ketika tidak mandi sudah pasti akan mengalami bau badan, meski sudah mengganti pakaian namun keringat tetap menempel pada tubuh. Jika merasa keringat Anda tidak bahu, namun bakteri dan kuman di dalamnya tetap bisa menyebabkan bau badan. Dengan jarang mandi, dapat memicu bau badan berlebih yang mungkin tidak Anda sadari.

Memicu masalah kulit

8 Efek Buruk untuk Kamu yang Jarang Mandi, Jorok!

Tidak mencuci muka akan menimbulkan jerawat, begitupun saat tidak mandi. Akan terjadi penumpukan minyak alami pada kulit dan menyebabkan bakteri penyebab jerawat tumbuh secara berlebihan. Jerawat di tubuh saat memungkinkan jika banyaknya kotoran dan kulit mati yang harusnya dibersihkan saat mandi tapi karena tidak mandi, kotoran tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. 

Selain itu, masalah kulit lainnya adalah kambuhnya eksim. Bagi Anda yang memiliki riwayat eksim, justru akan mudah kambuh saat kulit tidak bersih. Saat mandi, bakteri dan alergi yang diidap akan turut hilang.

Kebersihan alat kelamin tidak terjaga

Mengapa pria bisa mengalami smegma?

Selain kulit, area intim menjadi bagian tubuh yang terkena dampak dari jarang mandi. Bukan hanya menjadi bau tidak sedap, namun juga rentan terkena infeksi jamur. Adanya penumpukan kotoran dan bakteri saat jarang mandi, dapat membuat area intim gatal dan rasa tidak nyaman.

Mudah terserang penyakit

Jika Kamu Malas Mandi, Siap-Siap Saja Tertimpa 9 Hal Buruk Ini!

Efek buruk lainnya dari jarang mandi adalah tubuh mudah terserang penyakit, karena Anda jarang membersihkannya dari ribuan kuman yang menempel di badan. Bayangkan saat Anda tidak mandi, bakteri yang berasal dari ponsel yang sering disentuh, dudukan toilet, dan benda lainnya. Kemudian kuman tersebut berpindah ke mata, hidung, hingga mulut yang dapat memicu infeksi penyakit. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.