Waspadai Cabin Fever, Kondisi Terlalu Lama di Rumah

Kondisi pandemi Covid-19 yang kian merebak membuat kita harus menjalani aktivitas di rumah. Apakah saat menjalani aktivitas di rumah Anda sering mengalami gelisah, sedih, dan muncul energi negatif? Jika iya, Anda bisa jadi terkena cabin fever. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja dan salah satu penyebabnya saat ini adalah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita diam di rumah.

Cabin fever merupakan kondisi saat seseorang merasa tidak bahagia atau bosan karena terlalu lama menghabiskan waktu di rumah. Ini berimbas pada emosi negatif seseorang yang dirasakan karena terisolasi. Kondisi ini dapat terjadi di berbagai keadaan seperti bencana alam, atau adanya social distancing karena pandemi pada saat ini.

Meskipun begitu, cabin fever bukanlah gangguan psikologis tetapi gejalanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang biasanya dialami saat cabin fever seperti mudah marah, gelisah, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk tapi sulit tidur, lesu, cenderung tidak sabar, dan yang terparah depresi berkepanjangan.

Untuk mengatasi perasaan negatif yang timbul dari cabin fever Anda dapat melakukan kegiatan berikut:

Lakukan aktivitas di luar rumah

Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh | Universitas  Gadjah Mada

Bukan harus keluar rumah, ketimbang berdiam diri di kamar cobalah untuk ke teras atau halaman rumah di pagi hari. Anda dapat menghirup udara segar sambil berjemur di teras rumah. Atau, dapat juga berjalan ringan di area dekat rumah, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan, ya! Kegiatan ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Buat rutinitas setiap hari

6 Gerakan Mudah bagi Pemula untuk Olahraga di Rumah

Berlama-lama di rumah membuat kita menjadi malas dan lebih banyak tidur. Anda dapat membuat daftar rutinitas harian agar lebih terstruktur. Seperti melakukan pekerjaan rumah, melakukan olahraga, waktu makan, hingga waktu me time. Dengan begitu Anda akan lebih sibuk dengan rutinitas dan terhindar dari cabin fever selama pandemi berlangsung. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.