Bahaya Gangguan Delusi

Dimasa pandemik seperti ini selain kita harus menjaga kesehatan jasmani kitapun harus menjaga kesehatan mental karena banyak kasus gangguan mental yang timbul ke permukaan. Entah itu depresi, strees atau delusi. Delusi atau waham sering kali di pahami oleh orang awam sebagai salah satu bentuk ilusi yang di alami seseorang namun sedikit yang mengetahiunya bahwa delusi lebih jauh dari itu karena penderita delusi akan mempercayai apa yang di yakininya tanpa melihat kenyataan.

Berdasarkan Jurnal kesehatan yang berjudul Delusional Disorder yang di tulis oleh Shawn M. Joseph dan Waquar Siddiqui pada tahun 2020 mendefinisikan bahwa delusi adalah keyakinan seseorang terhadap sesuatu yang salah lewat interprestasi yang tidak akurat dari realitas eksternal walaupun sudah ada bukti  yang bertentangan, apa yang di yakini seseorang penderita delusi sangatlah jauh berbeda dengan apa yang ada di dunia nyata.

Delusi adalah permasalahan pribadi yang harus di selesaikan karena akan menjadi berbahaya ketika keyakinan delusi itu sudah merugikan orang lain, bahkan banyak orang. Bila hasil dari delusi dipercaya oleh orang lain akan terjadi misinformasi yang akhirnya menimbulkan kekacauan. Maka dari itu sobat glamours kita harus mencari bukti terlebih dahulu sebelum kita mempercayai sebuah berita untuk menghindari misinformasi dan menghindari kekacauan.

Delusi bisa diatasi hanya dengan bantuan tenaga profesional, tidak bisa diatasi sendiri. seseorang yang mengalami gangguan delusi tidak tampak seperti orang yang mengalami gangguan jiwa mereka relatif punya kesehatan mental yang stabil. Selain itu gangguan delusi jarang disadari baik si penderita maupun orang-orang sekitarnya

Sobat glamours jika ada seseorang di dekatmu yang banyak bicara tidak masuk akal dan tidak bisa untuk di beri tahu, jangan di biarkan. Berikan informasi-informasi lebih tentang masalah psikis dan ajak dengan cara baik-baik untuk mengecek kesehatan mentalnya kepada psikolog atau psikiater

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.