Gebrak Standar Kecantikan dengan Body Positivity

Masih banyak diantara kita terutama kaum hawa yang merasa tak pernah puas atas apa yang ada pada dirinya dan sulit untuk menerima berbagai kekurangan dalam diri. Salah satu penyebab utama dari timbulnya rasa insecure ini karena adanya standar kecantikan sebagai imbas dari konstruksi sosial yang dibuat oleh masyarakat.

Ketika diminta untuk mendeskripsikan ‘apa itu cantik?’ masih banyak orang yang beranggapan bahwa cantik haruslah memiliki tubuh yang langsing, kulit putih, hidung mancung, ditambah rambut yang lurus dan halus. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat cantik sesuai dengan standar yang diberikan oleh masyarakat.

Mulai dari diet super ketat yang terkadang tak sesuai dengan kebutuhan gizi sehingga membuat jatuh sakit. Hingga rela melakukan berbagai tindakan ekstrem seperti operasi plastik demi mendapatkan label cantik ini. Padahal, setiap wanita memiliki kecantikannya tersendiri yang sebetulnya tak harus serta merta sesuai dengan label cantik yang ada.

Karenanya, belakangan ini masyarakat kerap menggalakan gerakan body positivity. Sebetulnya, apa itu body positivity? Apabila diartikan secara harfiah, berarti penerimaan segala hal yang ada pada tubuh mulai dari bentuk, ukuran, hingga kemampuan yang senantiasa berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Gerakan ini bertujuan agar seluruh masyarakat terutama wanita dapat menerima dan menghargai apa yang ada pada tubuhnya. Hal ini tentu saja akan menggebrak standar kecantikan yang selalu dielu-elukan namun nyatanya menyiksa banyak orang.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam rangka menghargai apa yang ada pada tubuh adalah dengan cara mulai mencintai diri Anda seutuhnya. Karena segala sesuatu yang diberikan oleh Tuhan merupakan anugerah. Lalu Anda harus menyadari bahwa Anda sangatlah berharga, banyak hal yang dimiliki Anda namun tak dimiliki orang lain.

Apakah Anda siap menggebrak standar kecantikan dengan mulai mencintai diri sendiri? Karena semua dimulai dari diri Anda.

Kategori:Beauty

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.