Kenali Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning

Warna kuning pada gigi bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri anda, apalagi saat berbicara dan senyum di hadapan orang lain terkadang gigi kuning juga dapat menyebabkan bau mulut lho! Tak sedikit orang yang memiliki gigi putih dan bersih hingga melakukan beberapa cara untuk mendapatkan gigi putih, tak jarang untuk mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan pemutihan gigi ke dokter. Munculnya noda kuning pada permukaan gigi dapat disebabkan oleh makanan dan minuman, kenali beberapa makanan dan minuman yang bisa jadi penyebab gigi kuning

Kopi

Kopi memang bisa mencegah rasa kantuk, tetapi para pecinta kopi akan memiliki warna gigi kekuningan yang disebabkan dari kandungan kafein pada kopi. Selain itu kopi juga mengandung tanin yang bersifat asam dan akan meninggalkan noda pada gigi jika dikonsumsi terus-menerus bahkan dapat membuat gigi rusak.

Teh

Fakta Kesehatan: Ini Jenis Teh yang Bisa Ringankan Gejala Asma - Cek Fakta  Liputan6.com

Siapa yang suka meminum teh saat pagi hari? Meminum teh bisa dikatakan baik bagi kesehatan. Namun terlalu sering meminum teh juga dapat membuat gigi kuning dan memengaruhi lapisan terluar dari gigi yaitu enamel. Teh mengandung zat kromogen (tanin) yang dapat memengaruhi warna gigi. Teh hitam umumnya mengandung lebih banyak zat tanin sehingga lebih mudah menodai gigi dibandingkan dengan teh hijau, teh herbal, dan teh putih.

Kecap dan Saus

Ini dia sejarah panjang istilah ketchup atau saus

Penyebab gigi kuning yaitu penyedap makanan yang digemari banyak orang tetapi tidak baik untuk kesehatan gigi. Sayangnya, meski bersahabat dengan lidah, pelengkap makanan ini bisa jadi “musuh” bagi gigi. Kecap dan saus akan meninggalkan noda yang menghalangi rona putih pada gigi.

Kari

Spicy Indian Chicken Curry Recipe - Neelam Batra | Food & Wine

Masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan masakan kari yang rasanya lezat. Kari mengandung santan dan berbagai bumbu rempah yang membuat warna kuahnya menempel pada gigi. Warna kuning yang kuat dari kari berasal dari kunyit yang memiliki senyawa kurkumin. Warna yang kuat ini dapat meninggalkan warna dan membuat gigi menguning, selain itu mengonsumsi kari akan menimbulkan bau mulut.  

Anggur Merah

List of Sweet Red Wines Well Worth Trying | LoveToKnow

Anda menyukai wine? Anggur merah adalah salah satu minuman yang menyebabkan gigi berubah warna. Kandungan asam tannin di dalamnya akan menimbulkan bintik-bintik cokelat pada gigi. Anggur merah juga memiliki kandungan asam yang dapat mengikis gigi dan membuat warna merah pekatnya menempel pada gigi.

Buah-buahan

Manfaat Anggur Hijau bagi Kesehatan Tubuh | Primaberita

Buah-buahan dengan warna yang mencolok dapat meninggalkan noda pada gigi lho, seperti blackberry, blueberry, stoberi, ceri, buah beet dan delima merah adalah buah dengan warna mencolok. Begitu juga dengan jus dan kue yang memiliki campuran buah-buahan tersebut. Buah dengan warna yang lebih pucat kemungkinan lebih kecil menyebabkan noda pada gigi seperti anggur hijau dan cranberry.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.