Sisi Buruk dari Multitasking : Kelelahan Sampai Bisa Menurunkan IQ

Multitasking alias mengerjakan beberapa aktivitas sekaligus dalam satu waktu secara bersamaan, memang mempunyai keuntungan bagi sebagian orang salah satunya adalah mempercepat selesainya tugas. Memang sich, pekerjaan jadi terasa lebih cepat dalam waktu yang singkat apalagi kaum milenial selalu ingin produktif dan bisa mengerjakan banyak hal, tapi disisi lain multitasking mempunyai dampak buruk juga, lho.

Menurut Psikolog klinis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Pritta Tyas Mangestuti “ Multitasking bisa sangat menghabiskan energi sehingga menyebabkan kelelahan, bahkan bisa menurunkan IQ kalau terlalu sering multitasking, “ kata dia, seperti di lansir Antara. Dampak buruk dari multitasking sudah diperlihatkan berbagai studi seperti dari Universitas of California Irvine juga menunjukan antara strees dan multitasking. Studi pada 2009 dari Western Washington University menemukan multitasking berisiko membuat seseorang kehilangan sesuatu karena tidak sepenuhnya fokus.

Para peneliti menyebut ini sebagai kebutaan yang tidak disengaja karena meski bisa melihat hal-hal yang ada di sekitarnya tetapi tidak ada yang benar-benar terekam di otak. Menyela satu tugas untuk tiba-tiba harus fokus pada hal yang lain saat multitasking, juga cukup untuk mengganggu memori jangka pendek.  

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.