Hindari Mengkonsumsi Makanan Berikut Sebelum Tidur

Makan dan minum sebelum tidur memang tidak dilarang, namun Anda perlu hati-hati karena ada beberapa makanan yang justru dapat memperlambat metabolisme tubuh saat dikonsumsi sebelum tidur. Tubuh yang harusnya fokus beristirahat, justru harus mencerna makanan dan ini berimbas pada gangguan tidur Anda. Berikut makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur!

Sereal

5 Jenis Sereal Lezat Untuk Ide Sarapan

Mengkonsumsi sereal manis sebelum tidur dapat menghambat produksi hormon saat tidur karena langsung dicerna oleh tubuh. Jika tetap ingin mengkonsumsi sereal, Anda dapat mengkonsumsi sereal yang rendah gula dan kaya serat seperti corn flakes. Jika Anda sulit tidur dan makan sereal manis justru akan menjadi lebih tergiur untuk makan makanan manis lainnya sepanjang malam.

Makanan pedas

Mitos Atau Fakta, Makan Makanan Pedas Sebabkan Insomnia

Makanan pedas dapat memicu terjadinya GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Resiko terjadinya akan semakin meningkat jika dikonsumsi sebelum tidur. Mengkonsumsi mie instan yang pedas di malam hari memang enak, namun justru ini akan semakin membuat Anda sulit tidur karena makanan pedas dapat meningkatkan selera Anda. Selain itu dapat membuat lambung panas dan memicu GERD. 

Kopi

Minum kopi dapat menambah energi untuk melakukan aktivitas, namun mengkonsumsinya sebelum tidur tidak disarankan. Ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda terjaga dan  denyut jantung lebih cepat. Hal ini akan membuat Anda gelisah dan cemas, tentunya akan kesulitan untuk tidur. 

Junk food

Makanan cepat saji biasanya diolah dengan metode deep frying, sehingga membuat kandungan lemak pada makanan junk food sangat tinggi dan kadar serat yang rendah. Jika dikonsumsi sebelum tidur, akan memicu resiko terjadinya GERD. selain itu, dapat mengganggu kualitas tidur Anda. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.