Jangan Sampai Tertukar, Inilah Beda Kimbab dan Sushi

Makanan-makanan dari Asia Timur memang selalu menggugah selera. Topingnya yang bervariatif serta rasanya yang otentik membuatnya memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Namun, banyak makanan yang layaknya pinang dibelah dua karena begitu mirip namun ternyata tidak. Seperti halnya kimbab dan sushi yang sering kali disebut sama.

Kimbab berasal dari Korea Selatan sementara sushi berasal dari Jepang. Meskipun terlihat begitu berbeda, namun bagi orang awam nampaknya kedua makanan ini tak ada bedanya. Berikut adalah perbedaan dari kedua makanan ini.

Bumbu pada Nasi

Perbedaan yang dapat dirasakan langsung oleh lidah adalah rasa yang dihasilkan oleh bumbu pada nasinya. Untuk sushi, masyarakat Jepang biasanya dibumbui menggunakan cuka beras sehingga rasanya sangatlah kuat dan agak asam.

Sementara nasi untuk kimbab dibumbui dengan minyak wijen sehingga memiliki wangi dan rasa yang khas dari wijen. minyak wijen membuat tekstur nasi pada kimbab menjadi agak lengket namun terasa nikmat.

Nasi yang Digunakan

Pada sushi, masyarakat Jepang hanya menggunakan nasi putih dan melakukan banyak variasi pada topping atau isian yang diberikan. Sedangkan masyarakat korea mengkreasikan nasi yang digunakan pada kimbab dengan menggunakan nasi hitam atau nasi merah.

Isian yang Beragam

Hal signifikan selanjutnya yang membuat sushi dan kimbab berbeda adalah isiannya. Sushi kerap kali menggunakan isian ikan atau hewan laut yang mentah, hal ini membuat sushi harus segera dimakan setelah disajikan.

Berbanding terbalik dengan kimbab yang menggunakan aneka isian yang telah matang seperti ayam suwir, telur, juga sayuran yang sebelumnya telah ditumis sebentar. Hal ini membuat kimbab menyenangkan untuk dijadikan bekal makan siang.

Kategori:Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.