Jenis Kain Tradisional Khas Indonesia

Indonesia memang negara yang memiliki banyak budaya yang bisa kita ulik lagi keberadaannya. Meski di industri fashion banyak kain yang lebih modern yang mewarnai, namun kain tradisional khas Indonesia tak kalah ciamik karena juga memberikan warna di industri fashion, khususnya di bagian fashion etnik. Dibawah ini merupakan beberapa jenis kain tradisional asli Indonesia.

Lurik

Mengenal Kain Lurik dan Sejarahnya - BahanKain.com

Meski kain lurik yang dulunya dikenal sebagai kain murah karena terdapat dari kain katun biasa, namun sekarang ini kain lurik banyak digunakan sebagai elemen tambahan pada dress, blouse bahkan kemeja. Kain ini dapat dengan anda temui di daerah Solo dan Yogyakarta.

Tapis

7 Oleh-oleh Khas Lampung: dari Kopi Hingga Kain Tapis - Tribun Lampung

Kain yang berasal dari Lampung ini memiliki motif lokal yang sangat khas. Kain adat ini banyak digunakan di acara-acara adat, sehingga belum banyak yang memakai kain ini untuk dress/pakaian biasa. Rata-rata harganya di bandrol dengan Rp.1 juta.

Ulos

Kain khas batak ini biasanya dikenakan dengan disampirkan di bagian bahu untuk dijadikan selendang. Ulos termasuk pada kain yang cara pembuatannya tidak menggunakan mesin. Biasanya kain ulos memiliki warna merah, hitam dan putih sebagai warna yang mendominasi.

Poleng

Motif Kain Bali 2 » Perpustakaan Digital Budaya Indonesia | Ide taman  teras, Seni tradisional, Pola kain perca

Kain yang menjadi ikon pulau Dewata Bali ini motifnya memang lebih terkenal dibandingkan namanya. Makna yang terdapat pada kain ini adalah dua sifat yang bertolak belakang. Biasanya kain ini digunakan untuk keperluan religius dan juga biasa digunakan untuk dekorasi rumah.

Categories: Fashion, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.