Kenalan dengan Kopi Indonesia yang Terkenal di Dunia

Anda suka ngopi? Tahukah Anda bahwa kopi menempati posisi ketiga minuman yang paling digemari di dunia setelah air dan juga teh. Hal ini berimbas pada inovasi kedai kopi yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Karena banyaknya peminat ini, membuat kopi menjadi salah satu komoditas ekspor yang cukup besar.

Bahkan melansir data dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar ke empat setelah Brazil, Vietnam, juga Kolombia. Secara tak langsung banyak jenis kopi Indonesia yang telah melanglang buana di kancah Internasional. Penasaran? Berikut adalah daftarnya.

Kopi Gayo

Pernah dengar namanya? Kopi ini merupakan kopi khas dari Dataran Tinggi Gayo di Aceh. Kopi yang telah dikenal sejak tahun 1908 ini memiliki ciri khas tekstur yang tak terlalu pekat, encer, dan tak terlalu asam. Bagi Anda yang tengah mencari kopi dengan keasaman yang tak terlalu tinggi, maka kopi Gayo bisa jadi solusi.

Kopi Jawa

Biasa dikenal dengan sebutan Java Coffee, kopi jenis ini tumbuh dan berkembang di Pulau Jawa sesuai dengan namanya. Termasuk ke dalam golongan kopi arabika, Kopi Jawa ini memiliki rasa dan aroma yang khas serta kandungan kafein yang rendah. Kekentalannya pun medium dan sangat pas, karenanya kopi Jawa sangat digemari di berbagai belahan dunia.

Kopi Toraja

Berasal dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan yang membuat kopi ini terasa begitu khas adalah rasanya yang begitu unik. Konon, rasa pahit hanya terasa di awal saja lalu pada tegukan kedua hingga kopi habis rasa pahit itu tak terasa lagi. Tak hanya itu, rasanya yang begitu earthy membuat siapapun menyukai kopi ini.

Diantara kopi di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Kategori:Culinary, Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.