Cara Memilih Hewan Kurban untuk Idul Adha

Perayaan Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, penyembelihan hewan kurban tentu memiliki makna yaitu pendekatan diri kepada Allah SWT melalui hewan yang akan dikurbankan serta memiliki makna sosial yang berwujud lewat pembagian daging kurban kepada kaum duafa. Saat menjelang Idul Adha biasanya permintaan hewan kurban akan meningkat baik itu sapi, kambing, domba, bahkan kerbau. Akan banyak pedagang hewan kurban yang memasarkannya di pinggir jalan ataupun peternalan yang memajang hewan kurban tersebut. Inilah beberapa tips untuk memilih hewan kurban

Jenis Hewan Kurban

Big Alpha - Belum Pernah Berkurban? Ini Tips Kumpulkan Dana Beli Hewan  Kurban

Cara memilih hewan kurban yang benar adalah perhatikan jenis hewan kurban yang akan dibeli. Pastikan anda membeli hewan kurban yang sesuai dengan syariat agama, hewan kurban yang dianjurkan yaitu kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Jenis hewan tersebut sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang layak untuk dikurbankan.

Hewan Kurban Tidak Memiliki Cacat Fisik

Source : (Istimewa/Bogordaily.net)

Selain sehat, hewan yang akan dikurbankan harus dipastikan tidak cacat secara fisik. Hewan kurban yang mengalami kecacatan akan membuat kurban tidak sah. Adapun beberapa ciri yaitu hewan tidak buta, hewan tidak pincang, telinga hewan tidak rusak, jika jantan maka tidak dikebiri dan sangat kurus hingga kelihatan sumsum tulangnya.

Hewan Kurban Memiliki Cukup Umur

Ahli Epidemiologi Sarankan Hewan Kurban Jalani Tes Corona | SULAWESION.COM

Salah satu syarat hewan kurban yang baik adalah sudah memiliki umur yang cukup. Untuk kambing dan domba umur cukupnya yaitu 12-18 bulan, sedangkan sapi atau kerbau adalah 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan tersebut yaitu mengecek giginya. Jika umurnya sudah cukup untuk disembelih giginya sudah berganti atau tanggal (dua gigi susu didepan). Meski tidak diwajibkan namun lebih baik mengurbankan hewan ternak yang jantan karena jika memilih hewan betina akan membuat populasi menurun.

Nafsu Makan yang Baik

Meski Pandemi, Penjualan Hewan Kurban di Lamongan Meningkat

Hewan kurban yang sehat sudah pasti memiliki nafsu makan yang baik tentunya badannya gemuk, warna kulitnya cerah dan mengkilat. Moncongnya pun kering tanpa lendir serta gelambir bagian lehernya kempis. Tidak demam dengan suhu badan normal 37 derajat celcius. Lebih baik jika anda mengetahui tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan.

Pilih Tempat yang Bersih dan Terpercaya

Penjual Hewan Kurban ini Coba Memprediksi Penjualan Tahun ini - Warta Kota

Pilihlah hewan kurban yang diternak dilingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara. Hindari membeli hewan kurban yang diternak dekat tempat pembuangan sampah karena hal ini dapat berpengaruh pada tingkat stress dan akan berimbas pada kesehatan tubuh hewan tersebut.

Kategori:Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.