Kenali Ciri Toxic Productivity, Obsesi Produktif yang Tidak Baik

Pernahkah Anda merasa harus tetap produktif dan merasa bersalah saat tidak melakukan apa-apa? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami toxic productivity. Kondisi ini adalah obsesi untuk selalu produktif dengan melakukan berbagai hal. Tentunya ini tidak baik karena kehidupan Anda tidak seimbang dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Biasanya pemicu toxic productivity datang dari media sosial, seakan-akan berkompetisi dalam melakukan produktivitas. Tanpa disadari akhirnya Anda mengukur kemampuan diri berdasarkan produktivitas, obsesi ini tidaklah baik. Kenali ciri toxic productivity ini, apakah Anda termasuk?

Merasa bersalah saat tidak produktif

Mengenal Ciri-ciri Toxic Productivity, Obsesi untuk Terus Produktif |  kumparan.com

Perasaan bersalah saat tidak produktif adalah ciri utama toxic productivity. Anda akan cenderung bersalah ketika bersantai atau menghabiskan waktu dengan teman. Munculnya rasa bersalah ini dapat membuatkan Anda stres dan tertekan. Hal ini jangan dibiarkan! Anda harus tetap menjalani work life balance. Tidak apa-apa untuk rehat sejenak dari pekerjaan.

Memiliki ekspektasi tinggi

Gejala Toxic Productivity yang Sering Tidak Disadari Karyawan

Saking tinggi ekspektasinya, terkadang hingga tidak realistis. Anda mungkin berpikir dapat menyelesaikan 10 pekerjaan dalam sehari, misalnya, padahal kemampuan dan waktu yang Anda miliki tidak cukup untuk menyelesaikannya. Inilah bentuk ekspektasi yang berlebihan. Kenali kemampuan diri, dan berikan istirahat yang cukup pada tubuh Anda. 

Tidak puas dengan hasil pekerjaan

Penyebab Toxic Productivity yang Kerap Melanda Karyawan

Pernah mengalami tidak puas dengan semua hasil pekerjaan Anda, padahal Anda sudah melakukannya dengan baik? Rasanya seperti ada yang kurang sehingga Anda terdorong untuk melakukan hal lainnya yang sebenarnya tidak perlu. Anda harus segera menyadarinya jika mengalami hal ini karena sudah termasuk ke lingkarang  toxic productivity.

Sulit beristirahat

Produktif Gak Selalu Positif? Kenali Toxic Productivity Beserta Cara  Mengatasinya! - Campuspedia News

Bagi mereka yang mengalami toxic productivity, akan merasa jika tidur adalah aktivitas yang membuang-buang waktu. Tentunya hal ini tidak baik karena dapat berdampak pada kesehatan Anda. memiliki ekspektasi tinggi memanglah baik, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan Anda. 

Kategori:Health, Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.