Tips Merawat Tanaman Monstera Agar Tetap Segar

Source iStockphoto/svetikd

Belakangan, tanaman monstera sedang populer. Daunnya yang cantik sering juga dijadikan dekorasi di dalam ruangan. Selain fungsi estetika, monstera juga dapat membantu aliran oksigen di dalam rumah. Dalam merawatnya tidak sembarangan, perlu ketelitian, berikut cara merawat monstera agar tetap tumbuh dan segar!

Pencahayaan yang cukup

6 Cara Merawat Tanaman Monstera dalam Rumah. Biar Daunnya Bisa Selebar  Kayak di Kafe Kekinian

Untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, Anda dapat meletakkannya di dekat jendela. Ini salah satu hal yang penting, karena jika terlalu banyak terpapar sinar matahari, daunnya akan menguning. Sedangkan dibiarkan di tempat yang kurang pencahayaan, tanaman akan mengalami fototropisme negatif yaitu daun tumbuh ke arah gelap bukan ke cahaya. 

Usahakan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Jika Anda meletakkannya di luar rumah, dapat menggunakan jaring-jaring di atas monstera sebagai atap agar tidak terkena sinar matahari secara berlebihan.

Siram secukupnya

Young happy brunette woman pouring water from watering can on potted plants in her home greenhouse, her little private garden.
Source iStockphoto/funebre

Jangan terlalu sering disiram, Anda cukup menyiramnya seminggu sekali atau saat tanahnya sudah terlihat mengering. Jika terlalu banyak disiram, akan membuat air tergenang di bawah pot hingga akhirnya akar monstera akan membusuk. Siram secukupnya saja secara merata di sore hari dan simpan di area yang cukup lembab. 

Penuhi nutrisi tanaman

3 Cara Merawat Tanaman Hias Monstera Bagi Pemula – Three Bouquets

Memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Sebelum itu, pastikan pupuk yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan jenis monstera. Jika Anda menggunakan pupuk slow release cukup diberikan setahun sekali, atau ikuti petunjuk pada kemasan pupuk yang Anda beli. 

Ganti pot secara berkala

Woman taking care of plants at home
Source Getty Images/Alpgiray Kelem

Saat akar monstera sudah melingkali dalam pot, sebaiknya Anda segera mengganti potnya. Gunakan pot baru yang memiliki lebar 5-50 cm lebih besar dari pot sebelumnya. Ini bertujuan agar monstera dapat tumbuh lebih maksimal. Selain itu, usahakan juga untuk memakai tanah dengan kualitas tinggi agar kesehatan tanaman monstera tetap terjaga. 

Kategori:Home & Living

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.