Daerah Penghasil Batik Terbaik Di Indonesia

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Selain karena terdapat banyak penghasil batik di berbagai daerah di Indonesia, batik di Indonesia juga memiliki banyak motif batik yang memiliki makna dibaliknya. Mungkin anda akan dengan menemukan banyak batik di kota wisata seperti Yogyakarta, namun dibawah ini merupakan beberapa daerah penghasil batik terbaik di Indonesia.

Solo

Ternyata Solo dan Surakarta Itu Beda - El Samara Coworking Space

Memiliki slogan “the spirit of java”, Solo memiliki warisan budaya yang harus dijaga salah satunya batik. Kehadiran batik di kota ini tentunya dipengaruhi oleh peninggalan kerajaan Majapahit dan Mataram. Motif batik Solo yang biasa kita temui adalah Sido asih yang memiliki makna keluhuran dan juga Sido Mulyo yang memiliki makna kebahagiaan.

Pekalongan

Sejarah Gedung Museum Batik Pekalongan

Kota ini memang secara khusus menjadi sentra industri batik terbesar di Indonesia. Memiliki motif batik khas yang bertemakan alam dengan warna yang cerah dipengaruhi oleh budaya tiga negara yakni Cina, Arab dan Belanda. Karena penghasil batik terbesar, kota ini pun memiliki museum batiknya tersendiri.

Cirebon

CIREBON | Biznet Networks

Meski terkenal dengan motif batik mega mendung, Cirebon ternyata memiliki dua jenis batik yaitu batik keraton dan batik pesisir (batik trusmi). Batik keraton biasanya ditandai dengan warna yang cenderung gelap, sebaliknya batik trusmi justru memiliki warna yang cerah.

Bali

Kota Denpasar Bali Ternyata Didirikan Belanda, Berawal dari Taman

Beralih dari pulau Jawa, pulau dewata juga memiliki motif khas batik yang menarik perhatian. Memadukan konsep modern dan tradisional, biasanya batik Bali memiliki corak hewan seperti naga dan rusa. Motif yang terkenal di pulau ini adalah motif buketan dan barong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.